Sukses

Beauty

Awas, Jangan Kebanyakan Selfie! Ini Dampak Buruknya Bagi Kulit

Selfie adalah kebiasaan yang telah menjadi bagian dari lifestyle kekinian bagi sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia. Sah-sah saja ber-selfie, tapi pertanyaannya, seberapa seringkah kamu melakukan selfie? Jika cukup sering, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini, Ladies.

Disebutkan dalam laman www.allure.com, melakukan kebiasaan selfie yang terlalu sering akan berisiko membuatmu mengalami penuaan kulit lebih dini. Hal tersebut dialami oleh seorang blogger asal Inggris Mehreen Baig yang melakukan selfie sebanyak 50 kali setiap hari. Setelah memeriksakan dirinya ke dokter kulit, ia menemukan bahwa cahaya dari ponselnya menyebabkan kulitnya menua lebih dini.

Sang dokter kecantikan, Simon Zokaie mengatakan bahwa cahaya dari ponsel tersebut menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah serta berbagai kerusakan kulit lainnya yang berada di lapisan bawah permukaan kulit.

Di samping itu, Joshua Zeichner, seorang asisten profesor di Mount Sinai Medical Center, New York Amerika menuturkan bahwa ada suatu bukti yang menyatakan bahwa cahaya berperan besar dalam proses penuaan kulit. Cahaya dapat mengakibatkan perputaran produksi pigmen kulit yang mengarah kepada timbulnya dark spot atau noda hitam dan meningkatkan kerusakan kolagen dan menyebabkan keriput.

"Hal ini juga dapat membuat oksigen reaktif yang merusak kulit dan menyebabkan penuaan kulit dini serta berpotensi untuk menimbulkan kanker kulit," jelasnya.

Tidak ada cara khusus untuk menghindari paparan cahaya secara keseluruhan, namun membatasi diri dari berada di depan komputer dan menggunakan ponsel dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Hayo... makanya, mulai sekarang, pastikan untuk tidak terlalu sering selfie jika tidak ingin kulitmu mengalami penuaan dini ya, Ladies? Selain itu, pastikan juga untuk selalu merawat dan menjaga kulit dari paparan sinar, baik sinar matahari maupun sinar ponsel dan komputer dengan menggunakan tabir surya, maupun vitamin C dan retinol yang berfungsi untuk mencegah timbulnya noda hitam pada wajah.

(vem/ama)
What's On Fimela
Loading