Sukses

Beauty

Jangan Buang Biji Alpukat, Manfaatnya Mengejutkan

Alpukat merupakan salah satu buah yang tak hanya enak dan lezat saja. Lebih jauh, buah alpukat juga merupakan salah satu buah yang sangat baik buat kesehatan dan kecantikan. Yang lebih menarik lagi, buah alpukat juga mengandung nutrisi lemak jenuh yang nggak bakal bikin gemuk. Tapi tahukah kamu, selain daging buahnya yang sarat akan manfaat sehat, biji alpukat rupanya juga sarat akan manfaat sehat lho. Para peneliti telah membuktikan bahwa nutrisi pada biji alpukat bisa menyembuhkan beberapa penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah risiko penyakit berbahaya termasuk risiko jantung.

Serbuk biji alpukat | Photo: Copyright asiantown.net

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, mengolah biji alpukat menjadi serbuk halus dan menambahkannya ke selembar roti, ke salad dan ke sandwich akan menjadikan makanan tersebut sangat sehat. Bubuk biji alpukat juga dikatakan bisa membuat berbagai makanan berasa lebih lezat. Amy Sahpiro seorang ahli gizi dari kota New York mengungkapkan bahwa

"Biji alpukat mengandung antioksidan dan serat yang begitu baik buat kesehatan. Nutrisi pada biji alpukat ini juga akan mencegah kamu dari berbagai risiko penyakit mematikan termasuk jantung, kanker, diabetes juga ginjal."

Untuk membuat bubuk atau serbuk dari biji alpukat sendiri sangat mudah. Berikut langkah-langkah membuatnya.

  1. Siapkan buah alpukat matang, belah dan ambil bijinya.
  2. Diamkan sebentar biji alpukat agar tidak lengket. 
  3. Panggang di dalam oven selama satu sampai dua jam dengan panas oven 120 derajat Celcius. 
  4. Jika sudah, angkat biji alpukat dan diamkan hingga ia dingin. 
  5. Ketika sudah dingin, lepaskan kulit bagian luar biji alpukat dan belah biji menjadi dua. 
  6. Iris kecil-kecil biji alpukat pakai pisau tajam. 
  7. Haluskan dengan cara ditumbuk atau dihaluskan pakai blender. 
  8. Serbuk biji alpukat pun sudah jadi. Simpan di tempat yang tertutup dan kering.

Proses membuat serbuk biji alpukat | Photo: Copyright asiantown.net

Dengan konsumsi serbuk biji alpukat ini, para ahli percaya bahwa seseorang bisa mendapatkan sistem pencernaan yang sehat dan usus yang terjadi. Biji alpukat ini juga bisa menjadi penurun kolesterol secara alami. Ia juga rendah kalori sehingga sangat baik buat menurunkan berat badan atau menjaga berat badan dalam kondisi ideal. Dr Shapiro mengatakan jika memang biji alpukat sangat pahit. Untuk itu, disarankan agar konsumsi sedikit saja bersama makanan lainnya.

Menariknya lagi, kandungan nutrisi berupa kolagen dan lemak tak jenuh di dalamnya, akan membuat biji alpukat sangat baik buat kesehatan dan kecantikan kulit. Wah, menarik ya Ladies? So, mulai sekarang kalau sedang makan buah alpukat, jangan terburu-buru membuang bijinya ya? Dengan pengolahan yang tepat, biji alpukat bisa menjadi bahan makanan yang sangat sehat buat tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading