Sukses

Beauty

Kebutuhan Tidur Tiap Orang Berbeda, Temukan Waktu Idealmu Sendiri

Kamu butuh tidur tiap hari yang pasti, tapi seberapa banyak waktu yang kamu butuhkan dalam setiap kali tidur itulah yang jadi pertanyaan. Karena terkadang kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda.

Tapi kebanyakan penelitian menyarankan agar kamu tidur selama 7-8 jam per malam agar tubuh kembali segar, bisa menjalani aktivitas seperti biasa dan otak dan organ tubuh lain bisa berfungsi secara optimal.

Professor Leon Lack dari Flinders University menyarankan untuk mencoba berbagai varian jam untuk tidur tiap malamnya. Mulai lah dengan tidur 6 jam per malam selama 3 hari, kemudian tidur 6,5 jam per malam selama 3 hari berikutnya, kemudian 7 jam, 7,5 jam dan seterusnya.

Keadaan di mana kamu merasa segar setelah bangun tidur tanpa merasa kantuk sepanjang hari, tidak merasa mudah lelah dan tidak terbangun di malam hari itulah waktu terbaik tidur yang kamu butuhkan. Berapa lama kah di antara percobaan di atas yang membuatmu merasa segar dan tak mengantuk, itulah waktu tidur yang kamu butuhkan.
 
Setiap orang bisa bervariasi. Semakin lama tidur, biasanya semakin baik. Karena banyak peneliti menemukan bahwa wajah orang yang tidur cukup lebih cantik dan menarik daripada mereka yang kurang tidur meski menutupinya dengan make up.

Terkadang terlalu lama tidur justru tak baik untuk tubuh karena membuatmu cepat lelah dan mengantuk, jadi jangan sampai terkecoh. Kamu bisa menandai dengan beberapa hal untuk menilai apakah kamu mendapatkan tidur yang baik atau tidak.

  1. Jika kamu tertidur kurang dari 5 menit, maka kamu dalam keadaan kurang tidur. Waktu ideal tertidur adalah sekitar 10-15 menit, ini menandakan kamu cukup lelah, tapi tak sampai terlalu lelah hingga merasa terlalu mengantuk.
  2. Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita membutuhkan waktu ekstra 1 jam tidur lebih lama dibanding pria dan ini juga alasan mengapa wanita lah yang cenderung mengalami depresi dibanding pria jika kurang tidur.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang berapa lama sebenarnya tidur yang kamu butuhkan. Kira-kira berapa lama tidur yang cukup yang ideal untukmu? Hanya kamu yang tahu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading