Sukses

Beauty

10 Tips Santai Mengatasi Ketombe Membandel di Kulit Kepala

Rambut berketombe memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba mencari cara mengatasi ketombe dengan cepat dan menyeluruh. Selain menggunakan sampo khusus, tidak ada salahnya untuk mengimbanginya dengan bahan-bahan yang ada di sekitar seperti berikut. Yuk lakukan perawatan mengatasi masalah ketombe dengan ramuan alami yang bisa dibuat saat bersantai di rumah.

1. Kayu Manis

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe adalah kayu manis. Bahan yang memiliki aroma khas ini tidak hanya mengharumkan rambut dan kulit kepala saja. Namun, juga akan menutrisi sel kulit kepala sehingga ketombe enggan menempel. Cara pemakaiannya bisa digunakan sebagai hair mask yang dikombinasikan dengan bahan lain.

2. Air Seduhan Teh

Air seduhan teh memang nikmat untuk dinikmati. Namun khasiatnya cukup terasa saat membilas rambut menggunakan air teh untuk menjauhkan dari masalah ketombe. Kandungan antiseptik, anti-bakteri dan anti-jamur dari teh yang menjaga kebersihan kulit kepala secara optimal. Ramuan ini juga dapat meredakan rasa gatal yang kerap menyertai ketombe.  

3. Minyak Kelapa

Salah satu jenis minyak esensial ini tidak hanya mampu melembapkan kulit tubuh saja. Bagi yang sedang bermasalah dengan rambut ketombe karena kulit kering bisa mencoba untuk mengaplikasikan minyak kelapa. Selain itu, kandungan di dalam minyak kelapa juga akan menutrisi sel kulit dan rambut secara optimal.

4. Buah Avokad

Ingin mendapatkan rambut sehat berkilau dan bebas dari masalah ketombe? Gunakan saja buah avokad untuk mewujudkannya. Avokad memiliki formula yang ampuh dalam mencegah ketombe. Apalagi dengan kandungan omega-3 yang akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut secara optimal. Mengolahnya menjadi masker rambut yang dikombinasikan dengan minyak esensial atau pun yoghurt bisa dijadikan referensi menarik.

5. Cuka Apel

Jika mengonsumsi buah apel per hari mampu menjaga kesehatanmu, begitu pula dengan cuka apel. Kandungan anti-jamur di dalamnya akan membasmi jumlah malassezia yang melebihi batas normal. Tidak heran jika kulit kepala akan terasa lebih segar dan bersih setelah mengaplikasikannya.

6. Minyak Tea Tree

Ingin mencoba cara alami untuk mengatasi ketombe? Gunakan saja tea tree oil yang mampu meredakan rasa gatal sekaligus menjauhkan kulit kepala dari kotoran penyebab ketombe. Mengaplikasikannya secara langsung atau pun mencampurkannya dengan bahan lain dapat menyehatkan kulit kepala dan rambut secara optimal.

7. Buah Bit

Selain digunakan sebagai cat rambut alami, buah bit juga dapat mengatasi masalah ketombe. Hal ini dikarenakan kandungan bahan di dalamnya yang mampu menutrisi kulit secara optimal. Tidak heran mengonsumsinya secara rutin, menjauhkanmu dari masalh kulit termasuk masalah ketombe.

8. Jojoba Oil

Salah satu produk yang dapat dipertimbangkan untuk mengatasi rambut berketombe adalah jojoba oil. Minyak satu ini tidak hanya dapat membasmi ketombe saja. Namun, juga melembapkan kulit kepala secara optimal. Tidak heran mengaplikasikannya secara rutin menjadikan rambut dan kulit kepala lebih sehat dan kuat.

9. Brown Sugar

Tekstur dari brown sugar yang sedikit kasar dapat dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi tumpukan sel kulit mati. Tentu saja langkah tersebut ampuh mengurangi jumlah ketombe. Namun, agar kulit kepala tetap sehat dan tidak mengalami iritasi, sebaiknya kombinasikan brown sugar dengan bahan lain yang mengandung pelembap. Agar rambut terbebas dari masalah ketombe, jangan malas untuk membubuhkannya secara teratur.

10. Telur Ayam

Ingin mencoba masker alami yang dapat menyehatkan kulit kepala dan rambutmu? Ambil saja beberapa butir telur ayam dan kocok hingga merata. Balurkan telur tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Langkah ini akan menjauhkanmu dari masalah rambut berketombe. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein dan beragam nutrisi lain di dalamnya yang ampuh dalam melembapkan rambut dan kulit kepala.

Cara mengatasi ketombe tidak harus dengan mengunjungi salon langganan untuk mendapatkan perawatan khusus. Namun, bisa juga memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Selain lebih mudah, nutrisi mau pun kandungan di dalamnya akan mengoptimalkan kerja dari obat anti ketombe yang diaplikasikan. Jadi, lebih suka menggunakan bahan apa?

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading