Sukses

Beauty

Tubuh Tetap Langsing Saat Bulan Ramadan, Tips Ini Wajib Dicoba

Pernah nggak punya pengalaman di bulan-bulan Ramadan sebelumnya ketika berat badan tambah naik justru saat puasa? Biasanya sih penyebab utamanya adalah karena kita kalap makan saat sahur dan berbuka. Susah mengendalikan nafsu makan inilah yang kemudian bisa membuat berat badanmu tambah naik saat bulan puasa.

Untuk bisa mengendalikan nafsu makan dan mencegah kalap makan selama bulan Ramadan, ada tips-tips sederhana yang bisa dicoba, lho. Simak langsung tips-tipsnya yang dirangkum dari lifehack.org berikut ini. Let's find them out!

    Mengunyah Permen Karet

    Mengunyah permen karet diyakini sebagai salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar. So, kamu bisa menyiasati menu berbukamu dengan mengunyah permen karet setelah makan yang manis-manis. Dengan begitu, nafsu makan bisa lebih terkendali dan nggak kalap lagi.

    Minum Air Putih

    Sinyal tubuh merasakan lapar dan haus ternyata sangat mirip. Sehingga otak bisa salah mengartikan sinyal tersebut. Saat merasa lapar, coba dulu untuk minum air putih sebelum makan besar. Dan selama bulan puasa ini, sebelum makan besar atau menikmati hidangan takjil untuk berbuka, minum segelas air putih dulu, ya Ladies.

    Gosok Gigi

    Biasanya kalau sudah gosok gigi, kita jadi malas untuk makan karena merasa takut mengotori gigi. Kita bisa mengadaptasi tips ini dengan menggosok gigi setelah berbuka dan sebelum berangkat shalat tarawih. Selain bikin bau mulut lebih segar, nafsu untuk kalap makan usai tarawih pun bisa ditekan.

    Konsumsi Makanan Rendah Kalori dan Gula

    Makan yang manis-manis saat berbuka boleh kok. Tapi tetap batasi, ya. Jangan sampai berlebihan. Kalau asupan kalori yang masuk dalam tubuh terlalu banyak, maka berat badan bisa ikutan naik.

    Konsumsi Protein

    Mengonsumsi protein bisa memberi efek kenyang lebih lama. Coba perhatikan menu sahur dan menu berbukamu. Apakah kebutuhan protein tercukupi dengan menu yang kamu punya? Saat tubuh sudah mendapat cukup protein, maka keinginan untuk kalap makan bisa ditahan.

Pada dasarnya saat kita mampu mengendalikan nafsu makan selama bulan puasa, berat badan pun dapat terjaga. Apalagi kalau diimbangi dengan olahraga ringan, kebugaran tubuhmu pun bisa terjaga dengan baik.

Apakah kamu punya tips dan trik lain menjaga tubuh tetap langsing selama bulan puasa? Share yours in the comment box below.

(vem/nda)
PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021
Loading