Sukses

Beauty

Aktivitas Tetap Lancar Saat Haid, Ini Tips Simpelnya!

Saat sedang haid, aduh badan rasanya sakit semua. Belum lagi dengan emosi dan mood yang tak karuan. Gampang marah, emosian, dan sangat sensitif. Mau beraktivitas seperti biasa pun susahnya minta ampun.

Tapi selalu ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengondisikan tubuh dan pikiran saat haid. Sehingga kita bisa tetap beraktivitas dengan nyaman dan normal. Beberapa tips yang bisa langsung dilakukan, antara lain:

    Hindari Minuman Berkafein dan Perbanyak Minum Air Putih

    Kafein bisa meningkatkan kandungan asam dalam perut dan membuat saluran usus lebih sensitif. Jadi sebaiknya hindari aneka minuman yang berkafein, seperti kopi. Selain itu, perbanyak juga minum air putih. Dengan minum air cukup, kamu bisa terhindar dari perut kembung. Selain itu saluran pencernaanmu juga bisa tetap terjaga dengan baik.

    Batasi Konsumsi Makanan yang Asin

    Tahukah kalau salah satu cara supaya terhindar dari makanan yang mengandung banyak garam adalah dengan menghindari makanan siap saji dan makanan instan? Sebisa mungkin batasi konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Sebagai info nih, asupan garam yang paling dianjurkan untuk setiap wanita setiap harinya adalah 2.300 mg atau sekitar satu sendok teh saja.

    Perbanyak Konsumsi Buah Kaya Serat

    Jenis buah-buahan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika menstruasi, antara lain buah jeruk, buah pear, buah wortel, buah aprikot, buah plum, dan buah apel. Seorang konsultan kesehatan dan fitnes Tari Rose, seperti yang dikutip dari sheknows.com, menjelaskan bahwa kandungan gula dalam buah-buahan bisa memenuhi kebutuhan gulamu selama haid. Pilih yang segar lebih baik.

    Konsumsi yang Kaya Kalsium

    Brokoli bisa jadi jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat haid. Kenapa? Karena kandungan kalsiumnya tinggi. Seorang wanita butuh setidaknya 1.200 mg kalsium setiap harinya. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesiumnya seperti kacang, tahu, dan kacang tanah untuk mengurangi rasa kembung saat sedang haid.

    Penuhi Kebutuhan Vitamin

    Vitamin E dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman saat PMS (premenstrual syndrome). Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E, antara lain alpukat dan kuning telur. Selain itu untuk memperbaiki mood atau suasana hati yang tak menentu saat haid, kamu bisa makan makanan yang mengandung vitamin B6 seperti kentang, pisang, dan oatmeal. Jeruk dan lemon yang kayak vitamin C dan biji labu juga baik dikonsumsi saat sedang haid.

Satu lagi tips yang mungkin sering kamu dengar untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat haid adalah mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) secukupnya. Cokelat hitam memiliki kandungan anti oksidan yang baik untuk tubuh dan membantu memproduksi serotonin yang dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Satu batang cokelat hitam bisa mengurangi rasa lapar sekaligus rasa tidak nyaman ketika sedang haid.

Semoga info di atas bermanfaat buatmu, ya Ladies!






(vem/nda)
What's On Fimela
Loading