Sukses

Beauty

Mulai Gampang Capek dan Stres karena Kerja? Waspada ''Burn Out''

Bekerja dan beraktivitas memang sebuah kebutuhan sendiri. Tapi jangan sampai kita lupa waktu dan tidak menyeimbangkan semua prioritas dengan baik. Stres karena beban kerja dan lupa beristirahat bisa membahayakan tubuh.

Ketika tubuhmu gampang capek dan stres karena pekerjaan, waspadai gejala burn out. Kalau kondisi ini dibiarkan terus menerus, takutnya kamu malah ambruk dan nggak bisa nyaman dengan semua yang kamu lakukan. Tapi ngomong-ngomong burn out itu apa sih?

Burn out merupakan istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang. Buat kamu yang sudah bekerja atau berkarier, pasti pernah berada dalam kondisi burn out, yaitu ketika kamu sudah merasa sangat lelah dan tak bersemangat lagi untuk bekerja.


Kenali sejumlah gejala dan tanda kamu mengalami burn out. Sejumlah gejalanya seperti yang dikutip oleh psychologytoday.com, antara lain,
1. Rasa lelah yang luar biasa.
2. Merasa frustrasi.
3. Mengalami gangguan kognitif.
4. Emosi sering susah dikendalikan.
5. Selalu merasa tidak puas.
6. Kesehatan mulai terganggu.
7. Pikiran terus terbayang pekerjaan meskipun sudah tak lagi berada di kantor.
8. Kinerja makin menurun.

Kalau kamu sudah merasakan tanda-tanda itu, segera ambil tindakan untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih, seperti liburan sejenak, ambil cuti dan melakukan hal yang kamu suka, membuat rencana dan prioritas baru, ketemu dengan orang-orang baru yang menularkan energi positif, atau istirahat total dengan tenang dan jauh dari urusan pekerjaan sejenak.

Kerja keras dan sungguh-sungguh itu perlu. Tapi jangan sampai lupa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, ya. Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan fisik dan mentalmu karena semua demi kebaikanmu sendiri.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading