Sukses

Beauty

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Stres

Kalau lagi stres, kita seringkali susah untuk mengendalikan diri. Gampang uring-uringan, mudah tersinggung, dan juga pola makan jadi makin nggak karuan. Dan kalau stres itu tidak dikelola dengan baik, maka dampak negatifnya bisa makin parah.

Satu hal yang perlu kita lakukan saat sedang stres adalah berusaha mengendalikan nafsu makan sebaik mungkin. Karena apa yang kita makan juga sangat berpengaruh pada mood atau suasana hati. Minimal perlu tahu jenis minuman dan makanan tertentu yang perlu dihindari saat sedang stres, seperti jenis makanan dan minuman ini.

    Gorengan yang Terlalu Asin dan Gurih

    Dilansir dari foxnews.com, kentang goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang stres. Salah satu hasil penelitian Wake Forest University School of Medicine menyebutkan bahwa makan kentang goreng saat suasana hati turun bisa menyebabkan kenaikan badan lebih cepat. Di samping itu, kentang goreng juga memicu perkembangan lemak dalam tubuh lebih banyak. Jadi sebisa mungkin hindari kentang goreng dan aneka gorengan yang terlalu asin atau gurih saat sedang stres, ya.

    Makanan yang Terlalu Manis

    Permen, cokelat, cake, dan aneka kudapan manis memang sangat menggoda dinikmati saat pikiran sedang tak tentu. Rasa manis bisa membuat mulut lebih nyaman. Tapi jangan salah, makanan yang mengandung banyak gula bisa membuat pikiran menjadi lebih buruk dan kesehatan menurun. Glukosa pada gula bisa memicu beragam penyakit seperti kolesterol, diabetes ataupun obesitas. Makan yang manis-manis boleh tapi batasi. Atau perbanyak konsumsi buah segar yang memiliki kandungan gula alami yang baik untuk kesehatan.

    Minuman Berkafein

    Beberapa orang beranggapan bahwa kopi bisa membuat pikiran lebih tenang saat stres. Memang kafein yang terkandung dalam kopi memang cukup baik untuk meredakan stres tapi itu hanya berlaku sementara. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minum kopi yang diberi tambahan gula atau pemanis bisa memicu diabetes dan kelebihan kalori dalam tubuh.

    Minuman Bersoda

    Saat hati sedang tidak tenang, hindari minuman yang bersoda. Ganti dengan jus buah atau minuman yang lebih sehati lainnya. Soalnya soda sangat tidak baik jika diminum secara terus menerus apalagi ketika suasana hati sedang menurun. Belum lagi dengan efek yang bisa bikin perut kembung, jadi sebisa mungkin hindari ya.

Saat hati sedang tidak tenang atau stres, hindari jenis makanan dan minuman di atas ya Ladies. Dan usahakan untuk perbanyak aktivitas positif seperti olahraga atau melakukan hobi menyenangkan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading