Sukses

Beauty

Mau Sekalian Diet? Konsumsi 7 Buah Ini untuk Buka Puasa

Saat berbuka puasa, biasanya makanan apa yang pertama kali kamu santap? Umumnya sih kolak atau es campur, ya. Memang berbuka sebaiknya diawali dengan yang manis-manis. Tapi jangan sampai berlebihan.

Setelah seharian berpuasa, kita pasti akan membutuhkan makanan yang bisa mengembalikan energi tubuh saat berbuka. Menikmati makanan yang manis jadi salah satu cara untuk membuat tubuh kembali berenergi. Selain kurma, ada jenis buah-buahan yang sangat pas dikonsumsi untuk berbuka puasa. Kalau kamu rutin mengganti menu kolak dengan buah-buahan ini untuk buka puasa, ada kemungkinan berat badanmu bisa lebih stabil juga lho.

Buah Pepaya

Selain baik untuk melancarkan pencernaan, rutin mengonsumsi pepaya dapat membantu tubuh untuk membersihkan usus dari kuman penyakit. Usus yang bersih akan membuat pencernaan kamu lancar dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Dan buah ini cocok dijadikan menu takjil harianmu. Selain itu, kandungan vitamin dalam pepaya juga bisa mencegah kulit menjadi kusam.

Buah Semangka

Buah yang kaya akan kandungan airnya ini juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan tersebut, buah manis ini cocok untuk digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Buah ini akan memberi efek menyegarkan untuk buka puasa karena kaya air dan serat. Selain bisa menghilangkan dahaga, buah semangka juga rendah kalori.

Buah Apel

Saat berbuka puasa, mengonsumsi buah apel bisa membantu sistem pencernaan untuk perlahan-lahan menyiapkan organ-organnya untuk menerima jenis makanan yang lebih kompleks yang akan kita konsumsi berikutnya. Mengonsumsi apel juga bisa menjaga berat badan dan mencegah keinginan makan berlebihan. Kandungan serat, vitamin, dan mineralnya juga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung nutrisi dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi yang sudah digunakan seharian. Alpukat juga bisa memberi efek kenyang yang cepat dan tahan lama sehingga bisa mengerem keinginan makan berlebihan. Makan buah alpukat secukupnya saat buka puasa, kamu bisa lebih mudah menahan diri untuk nggak kalap mengonsumsi jenis makanan berat lainnya.

Buah Anggur

Rasanya segar dan manis, buah anggur juga bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama kita berpuasa seharian. Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna karena tinggi air dan mengandung serat. Selain itu, mengonsumsi anggur juga bisa mencegah sembelit.

Buah Pisang

Buah pisang juga kaya serat dan memiliki karbohidrat yang mudah dicerna sehingga mampu mengembalikan energi tubuh setelah seharian puasa. Pilih buah pisang yang sudah masak dan manis untuk dikonsumsi sebagai pengganti menu kolak atau olahan takjil agar lebih sehat.

Buah Melon

Seperti halnya semangka, melon kaya serat dan dan mudah dicerna tubuh. Kandungan airnya yang banyak dan rasa manisnya yang alami sangat baik membuat tubuh kembali bersemangat. Tapi kalau kamu memiliki perut yang sensitif, sebaiknya jangan langsung makan melon ketika baru berbuka puasa. Karena bisa membuat perut kembung.

Menu buah ini bisa jadi alternatif untuk menggantikan menu takjil yang terlalu manis dan berlemak. Kamu bisa memvariasikan buah-buahan segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pastinya imbangi juga dengan menjaga pola makan sahur dan berbuka yang baik, ya Ladies. Tetap cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading