Sukses

Beauty

Waspada, 5 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Ketahui

Kepergian artis senior Yana Zein memang mengejutkan. Yana Zein meninggal setelah berjuang melawan kanker payudara. Sebelum meninggal, Yana Zein melakukan perawatan di Cina selama 4 bulan. Namun akhirnya Yana Zein menyerah dengan kanker payudara yang dideritanya. Yana Zein meninggal kamis (01/06) pukul 01.00 dini hari.

Ladies, kanker payudara adalah salah satu penyakit yang mematikan. Untuk mencegah kanker payudara, sebaiknya kenali gejalanya. Berikut adalah gejala kanker payudara yang harus kamu ketahui.

    Warna Payudara yang Berbeda

    Gejala umum ketika seseorang berisiko kanker payudara adalah adanya perubahan warna pada payudara. Jika payudara terindikasi kanker maka ada perubahan tidak jarang warna kulit akan menjadi kemerah-merahan atau bahkan kecokelatan seperti memar.

    Selain itu, kulit juga tidak semulus sebelumnya. Gejala kanker akan membuat kulit payudara menjadi lebih kasar, seperti kulit jeruk dan terlihat seperti ada ruam atau memar.

    Keluar Cairan dari Payudara

    Jika ada cairan yang ke luar dari payudara cobalah untuk lebih peka. Ahli kanker menyebutkan jika payudara terdapat masalah maka akan ke luar cairan dari dalam payudara. Cairan tersebut seperti lendir dan menyerupai nanah.

    Payudara Terasa Gatal

    Gatal yang terjadi terus menerus tanpa sebab jelas, kemungkinan besar adalah salah satu gejala kanker payudara. Jika kamu mengalami hal ini, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya.

    Ada Benjolan di Payudara

    Benjolan pada payudara adalah gejala paling umum adanya kanker payudara. Jika kamu merasakan benjolan pada payudara, segera periksakan ke dokter. Beberapa benjolan mungkin tidak berbahaya, tapi, beberapa lagi mungkin adalah kanker atau tumor ganas.

    Nyeri di Payudara

    Gejala selanjutnya yang perlu kamu tahu dari kanker payudara adalah nyeri hebat di punggung dan payudara. Bahkan, nyeri ini bisa saja saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Nyeri ini bahkan hingga membuat kamu merasa tidak nafsu makan dan membuat payudara terasa terbakar.

Ladies, demikian 5 hal yang perlu kamu waspadai untuk mencegah risiko kanker payudara. Menjaga pola hidup dan menjaga kesehatan perlu kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading