Sukses

Beauty

Bahaya! Pestisida pada Sayur dan Buah Bisa Membuatmu Mandul

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Tapi sayangnya, ada hal yang membuat kesehatan buah dan sayur berkurang, yaitu paparan bahan kimia seperti pestisida. Meski memang sudah umum bahwa perawatan buah dan sayur tidak lepas dari pestisida, tapi sepertinya kamu perlu lebih berhati-hati dari sekarang ladies.

Karena penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi buah dan sayur tinggi residu pestisida dihubungkan dengan turunnya kesuburan tubuh dan tingginya risiko tak bisa hamil.

Pestisida adalah bahan kimia pembunuh serangga dan hama pengganggu tanaman yang memang sering digunakan para petani namun juga memberi risiko kesehatan yang jelas bagi manusia.

Makanan berpestisida picu kemandulan/copyright Pixabay.com

"Ada kekhawatiran dalam kurun waktu tertentu bahwa paparan dosis rendah konsumsi makanan berpestisida memberi efek merugikan terhadap kesehatan, terutama pada populasi yang rentan seperti anak-anak, wanita hamil dan janin mereka," ungkap Dr. Yu-Han Chiu, sebagai peneliti.

Tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seperti apa efek lebih lanjutnya. Namun alangkah baiknya jika kelompok yang rentan memilih buah dan sayur yang lebih sehat seperti makanan organik. Kalau pun memberi buah dan sayur, selalu pastikan untuk mencuci hingga bersih.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading