Sukses

Beauty

Banyak Makan Kacang Hijau Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung!

Kacang hijau adalah salah satu sumber makanan tinggi nutrisi yang tak bisa diabaikan. Meski sudah umum diolah menjadi berbagai makanan sehari-hari, namun masih jarang diulas seperti apa kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh.

Dilansir dari Health Line, salah satu manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi makanan mengandung kalium sebanyak 4.700 miligram per hari dan kacang hijau menjadi salah satu sumber kalium terbaik pada makanan yang menjaga kesehatan jantung.

Nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan menetralkan efek kelebihan sodium di dalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan pengentalan darah serta inflamasi pada pembuluh darah. Tidak heran jika penderita hipertensi dianjurkan makan kacang hijau.

Manfaat kacang hijau lebih banyak pada kecambahnya/copyright Pixabay.com/hansbenn

Kacang hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam cinnamic dan lainnya. Antioksidan sangat baik melawan radikal bebas, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar. Antioksidan akan menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dari inflamasi yang memicu masalah kesehatan.

Penelitian menemukan bahwa antioksidan kacang hijau mampu melindungi tubuh dari berkembangnya kanker paru-paru dan kanker perut. Bahkan kecambah dari kacang hijau punya lebih banyak kandungan antioksidan daripada dalam bentuk kacang saja.

Jadi, jangan abaikan kacang hijau dari sekarang ya. Meski kecil namun manfaatnya besar.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading