Sukses

Beauty

Apa Bedanya Kasein dan Whey Protein? Kenali Nutrisi Susu Ini Yuk!

Selama ini orang hanya tahu bahwa protein adalah sumber makanan penting yang dibutuhkan tubuh, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa protein juga memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan.

Dilansir dari Healthline.com, ada dua jenis protein yang bisa dibedakan, yaitu protein kasein dan whey protein. Keduanya adalah protein yang terdapat di dalam susu. Lalu apa yang membedakan dan apa manfaatnya bagi tubuh?

Kedua jenis protein ini ditemukan di dalam susu sapi. Kasein membentuk 80% dari susu dan whey membentuk 20% sisanya. Keduanya memiliki kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh karena tubuh tak bisa memproduksi sendiri.

Protein yang ada di dalam susu/copyright Shutterstock.com

1. Manfaat Kasein
Kasein memiliki kandungan peptida bioaktif yang membantu memperkuat imunitas tubuh terhadap penyakit serta menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kandungan fosfor dan kalsiumnya. Bahkan beberapa jenis peptida bioaktif dalam kasein juga mampu menjaga kesehatan jantung serta membantu mengurangi pembentukan penggumpalan darah.

Peptida ini bekerja sama dengan enzim penghambat penggumpalan darah bernama angiotensin-converting enzyme (ACE). Enzim ini juga yang menjadi salah satu komposisi obat untuk mengontrol tekanan darah.

2. Manfaat Whey
Whey protein lebih baik dalam membentuk otot dibandingkan kasein karena mudah diserap oleh tubuh. Whey juga memiliki kandungan asam amino rantai cabang (BCAA) leusin, isoleusin dan valin lebih banyak dibanding kasein. Kandungan leusin inilah yang menjadikan protein ini lebih mudah membentuk otot. Jadi, jika kamu berniat olahraga dan membentuk otot perut rata, maka konsumsi protein inilah yang kamu butuhkan.

Whey protein juga mengandung immunoglobulin yang punya sifat anti mikroba sehingga sangat baik dalam membunuh atau memperlambat pertumbuhan mikroba berbahaya seperti bakteri patogen dan virus. immunoglobulin juga membantu penyerapan nutrisi, seperti zat besi. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa antioksidan whey bisa menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Keduanya adalah kandungan protein penting yang dibutuhkan tubuh dan ada di dalam susu serta keju. Jadi lebih baik menyeimbangkan keduanya agar mendapat manfaat dari kedua jenis protein ini, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading