Sukses

Beauty

4 Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara pada pria adalah kasus yang jarang ditemukan karena kanker payudara 100 kali lebih banyak ditemukan pada wanita. Walaupun demikian, ladies sekalian harus turut memberi para pria di sekitar ladies tentang bahaya kanker payudara pada pria.

Berikut ini adalah ulasan tentang empat penyebab kanker payudara pada pria yang dikutip dari situs medicalnewstoday.com.

1.    Hormon Esterogen

Sel-sel kanker yang mengikat hormon esterogen yang terdapat pada membran sel memicu terjadinya pertumbuhan pesat sel-sel kanker. Dari semua kasus kanker payudara pada pria, 85 % diantaranya disebabkan oleh membran sel yang mengandung reseptor esterogen.

2.    Sindrom Klinefelter

Sebagian bayi laki-laki yang dilahirkan memiliki hormon esterogen diambang batas normal. Inilah yang disebut dengan sindrom Klinefelter. Pria dengan kelainan ini memiliki kemungkinan terkena kanker payudara 20 kali lebih banyak daripada pria normal.

3.    Mutasi Gen

Mutasi adalah perubahan struktur genetis dari makhluk hidup. Gen-gen yang bermutasi juga diketahui merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker payudara pada pria. Sebanyak 5 % pria penderita kanker payudara memiliki mutasi gen BRAC2.

4.    Faktor Genetis

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak penyakit yang ditimbulkan dari faktor keturunan, termasuk kanker payudara. Pria yang ayah atau kakaknya mengidap kanker payudara harus rajin memeriksakan kondisinya jika ditemukan tanda-tanda timbulnya kanker payudara.

Nah, ladies, bagaimana? Siap memberi tahu pria terkasih anda tentang hal ini?

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading