Sukses

Beauty

Depresi Bisa Memperparah Asma, Bener Gak Sih?

Penyakit asma bisa menyerang kapan saja. Ketika kondisi cuaca sedang dingin, bisa jadi asma Anda kambuh. Belum lagi jika alergi yang Anda miliki juga dapat memicu asma.

Baru-baru ini, asthma.org.uk mengabarkan satu hal lagi yang dapat memicu serangan asma, yaitu kondisi emosi. Seorang wanita berkata bahwa kondisi asmanya semakin tidak terkontrol ketika ia merasa sangat sedih. Ia pun semakin merasa depresi karena asma yang menyerangnya menimbulkan berbagai masalah seperti sulit tidur dan sakit di daerah dada.

Hal tersebut bisa menjadi siklus yang berkelanjutan seperti sebuah lingkaran setan. Memang, jika Anda memiliki riwayat asma, merupakan hal yang krusial bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi emosional. Berbagai jenis emosi yang timbul bisa memberikan dampak yang tidak mengenakkan.

Misalnya, Anda merasa sangat sedih hingga menangis. Kemungkinan besar, penyakit asma Anda akan kambuh ketika Anda menangis. Hidung akan mengeluarkan lendir atau ingus yang akan menyumbat saluran pernapasan.

Selain kesedihan, ketakutan dan kecemasan yang berlebih juga berpotensi memicu munculnya penyakit asma secara tiba-tiba. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, emosi dapat memicu asma, ketika asma muncul anda merasa semakin depresi. Jika Anda tidak ingin jatuh dan terjebak pada lingkaran setan ini, sangat disarankan bagi Anda untuk sebisa mungkin mengatur kondisi emosional Anda.

Jika Anda merasa gejala asma yang muncul semakin parah dan susah dikontrol, segera hubungi dokter dan diskusikan pemecahannya termasuk bagaimana memanajemen emosi Anda.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading