Sukses

Beauty

5 Pertanyaan Wajib bagi Penderita Asma

Apakah anda seorang penderita asma? Apabila iya, apakah anda sudah merawat, mengobati, dan mengontrol asma anda dengan baik? Berikut adalah 5 pertanyaan versi www.everydayhealthy.com yang wajib anda tanyakan pada diri anda sendiri demi mengontrol asma yang anda miliki:

Apakah anda sudah pergi ke dokter?

Berkonsultasi kepada dokter merupakan hal yang wajib dilakukan oleh penderita asma. Akan lebih baik jika anda pergi ke dokter sebelum serangan asma anda menjadi fatal.

Apakah anda tahu faktor apa saja yang dapat memicu kambuhnya asma anda?

Mengetahui beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya asma dapat membantu anda dalam mengontrol asma. Dengan mengetahui pemicu asma, anda dapat mencari solusi untuk menjauhkan diri dari faktor tersebut.

Apakah anda memiliki “jurnal gejala”?

Jurnal gejala atau symptom journal adalah jurnal untuk mencatat tanggal dan detail terkait asma anda. Hal yang bisa anda catat diantaranya, gejala asma apa yang anda rasakan, kapan anda berobat, bagaimana kondisi udara dan tempat saat itu, dan faktor apa saja yang dapat memicu kambuhnya asma. Jurnal ini dapat membantu dokter untuk mengobati anda secara tepat sasaran

Apakah anda tahu apa yang harus anda lakukan saat asma menyerang?

Mengetahui dan menyiapkan obat (inhaler) merupakan hal yang wajib anda ketahui. Hal ini untuk menghindari kepanikan yang terjadi jika asma tiba-tiba menyerang.

Apakah anda menggunakan obat yang disarankan oleh dokter?

Resep yang diberikan oleh dokter anda merupakan obat yang paling tepat. Oleh karena itu,jangan menggunakan obat lain tanpa sepengetahuan dokter.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading