Sukses

Beauty

Asma dan Olahraga Renang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling baik untuk dilakukan penderita asma, terutama anak-anak. Mengapa? Situs asthmafoundation.org.au menjelaskan bahwa bernafas di dekat permukaan air adalah lebih hangat dan lembap daripada bernapas di udara bebas, yang lebih kering, —dan ini udara yang lebih hangat ini lebih baik untuk penderita asma.

Gerakan renang dapat meningkatkan volume udara yang dapat ditangkap oleh paru-paru dan juga membuat penderita asma dapt mengatur teknik bernapasnya. Olahraga ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti melatih gerak otot tubuh dan olahraga ini juga menyenangkan terutama untuk anak-anak.

Jika Anda merasakan asma yang semakin memburuk setelah berenang, mungkin Anda termasuk tipe penderita asma dengan pemicu olahraga. Segera konsultasi dengan dokter untuk saran lebih lanjut.

Bagaimana dengan kandungan klorin yang terdpat di kolam renang? Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa klorin akan membawa dampak buruk pada orang-orang normal bila sirkulasi kolam tidak baik (kolam indoor), dan akan berdampak buruk pada penderita asma.

Nah, sekarang, jika Anda ingin berenang, hindari penggunaan kolam dengan kandungan klorin yang tertalu tinggi, atau pilih kolam yang tidak menggunakan klorin—biasanya ada pada kolam pemandian alami. Klorin mengeluarkan bau yang khas, apabila saat Anda memasuki area kolam dan baunya sangat terasa, segera urungkan niat Anda. Pertimbangkan pula untuk memilih kolam renang outdoor.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading