Sukses

Beauty

Alergi dan Asma yang Terjadi Secara Bersamaan

Mungkin anda bertanya-tanya apa persamaan yang dimiliki oleh alergi dan asma selain membuat anda menderita. Namun, seperti yang dimuat oleh mayoclinic.com, ternyata asma dan alergi memiliki banyak persamaan dan dapat terjadi secara bersamaan. hal-hal yang dapat memicu gejala-gejala alergi pada anda dapat juga menimbulkan tanda-tanda dan gejala-gejala asma seperti contohnya pernafasan yang pendek, berbunyi, dan dada yang sesak.

Ini disebut asma yang ditimbulkan oleh alergi atau allergy-induced asthma. Hal-hal tertentu seperti serbuk sari tanaman, tungau dan sel kulit mati hewan, adalah pemicu alergi yang umum. Pada beberapa orang alergi kulit dan makanan juga dapat menyebabkan gejala-gejala asma.

Respon alergi terjadi ketika protein dalam sistem imun (antibodi) salah mengenali zat yang berbahaya, seperti serbuk sari pohon, sebagai penyerbu sistem imun anda. Dalam usaha melindungi tubuh anda dari zat-zat tersebut, antibodi mengikat zat-zat pemicu alergi atau alergen.

Bahan kimia yang dilepaskan oleh sistem imun anda berujung pada tanda-tanda dan gejala-gejala alergi, seperti penyumbatan saluran pernafasan di sekitar hidung dan mulut, hidung yang mengeluarkan ingus, gatal pada mata, atau reaksi pada kulit. Untuk beberapa orang, reaksi-reaksi yang sama juga dapat mempengaruhi paru-paru dan saluran pernafasan, yang memicu timbulnya gejala-gejala asma.

Jika anda mengalaminya, anda mungkin membutuhkan obat-obatan lain untuk mengobati alergi atau asma, khususnya jika gejala-gejala yang anda alami bertambah parah. Meskipun menghindari dan mengenali zat-zat alergi yang dapat memicu gejala-gejala tersebut adalah langkah yang paling penting untuk anda lakukan.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading