Sukses

Beauty

Kondisi Payudara Pengaruhi Resiko Kanker Payudara

Pertumbuhan kanker payudara dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Breastcancer.org menambahkan kalau Anda didiagnosis memiliki kondisi tertentu di bagian payudara, Anda harus meningkatkan kewaspadaan. Memang bukan berarti serta merta Anda juga terkena kanker payudara.

Menurut yang dikabarkan oleh situs tersebut, beberapa diagnosis mengenai kondisi payudara seperti petumbuhan yang melebihi normal dapat meningkatkan resiko berkembangnya kanker payudara. Ada beberapa jenis pertumbuhan sel payudara yang berkaitan dengan meningkatnya resiko kanker, antara lain:

Tumbuhnya sel normal secara berlebihan, merupakan salah satu kondisi yang bisa membahayakan. Biasanya kondisi ini disebut dengan pertumbuhan luka tanpa atypia. Pada kondisi ini, sel pada bagian saluran ASI atau lobula mengalami pertumbuhan yang lebih cepat daripada pertumbuhan normal.

Namun sel yang tumbuh tersebut masih nampak dan dikategorikan sebagai sel normal. Dokter menjuluki kondisi ini dengan berbagai nama seperti ductal hyperplasia (tanpa atypia), fibroadenoma kompleks, sclerosing adenosis, papiloma, atau luka radiasi. Jika Anda didiagnosis mengalami kondisi tersebut, Anda memiliki resiko kanker payudara dua kali lipat.

Kondisi lainnya adalah petumbuhan sel yang nampak tidak normal, disebut atypical ductal hyperplasia dan atypical lobular hyperplasia. Resiko kanker payudara Anda akan meningkat menjadi 4 hingga 5 kali lebih tinggi dari resiko normal.

Berikutnya adalah kondisi lobular carcinoma in situ (LCIS) yang merupakan pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di daerah lobula. Kondisi ini membuat resiko kanker payudara meningkat tujuh hingga sebelas kali lebih tinggi dibanding resiko rata-rata.

Periksakan diri Anda sekarang juga dan konsultasikan pencegahannya dengan dokter.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading