Sukses

Beauty

Kenali, Pahami dan Waspadai Serangan Asma

Kadang, meskipun anda telah sangat berhati-hati untuk mengkonsumsi obat-obatan asma anda dengan teratur dan menghindari hal-hal yang dapat memicu asma anda, anda tidak dapat menghindar dari serangan asma. Siapa saja dapat mengalami serangan asma, bahkan jika anda memiliki asma yang sangat ringan yang hanya menimbulkan gejala-gejala yang timbul sesekali saja.

Asthma.org.uk menjelaskan bahwa ketika anda mengalami serangan asma, sama dengan gejala-gejala asma anda, lapisan-lapisan saluran-saluran udara anda menjadi lebih dan lebih membengkak dan meradang, membentuk ruangan yang semakin sempit dalam saluran-saluran udara anda agar udara dapat masuk. Otot-otot di sekitar saluran-saluran udara menjadi mengetat dan terus mengetat yang dapat lebih menyempitkan saluran-saluran udara anda.

Kelenjar lendir yang ada di dalam saluran-saluran udara anda memproduksi lebih banyak lendir kental yang kemudian menyumbat saluran-saluran udara yang telah menyempit. Semua respon tersebut membuat anda lebih sulit untuk bernafas dan juga dapat membuat anda batuk dan mengalami nafas yang berbunyi serta pernafasan pendek.

Ketika anda mengalami serangan asma, anda akan merasa harus bernafas lebih cepat dari biasanya. Pada serangan yang parah, saluran-saluran udara anda dapat sangat menyempit sehingga tidak memiliki oksigen yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh anda melalui darah, yang dapat menjadi berbahaya. Serangan asma jenis ini adalah gawat darurat dan membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin. Meskipun ini jarang terjadi, penting bagi anda untuk mengetahui bahwa banyak kematian yang disebabkan oleh serangan asma.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading