Sukses

Beauty

Vaksin Flu Perburuk Asma?

Cuaca saat ini semakin susah ditebak ya. Terkadang ketika pagi hari sangat cerah, tengah harinya hujan turun dengan sangat deras. Temperatur udara pun seolah melengkapi perubahan cuaca yang tiba-tiba.

‘Kegalauan’ cuaca ini bisa memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Mungkin Anda merasa tubuh Anda lebih terasa lemah dan rentan akan infeksi ketika cuaca buruk seperti ini. Bahkan tidak sedikit orang yang terkena flu ketika cuaca dingin dan tak menentu.

Untuk mencegah kerentanan Anda terhadap flu, vaksinasi flu tampak sebagai alternatif yang baik. Tapi sayangnya, seperti dilansir oleh well.blogs.nytimes.com, banyak yang meragukan efek dari vaksin flu. Bahkan ada yang bilang bahwa vaksin flu dapat meningkatkan resiko gejala asma.

Alhasil, banyak orang dengan penyakit asma tidak mengambil vaksin flu karena takut gejala asma yang mereka alami akan semakin parah. Di lain sisi, dengan tidak diberi vaksin flu, mereka akan sangat rawan terkena serangan flu terutama pada musim pancaroba.

Nah, sebuah penelitian akhirnya memberikan jawaban bagi Anda. Sebenarnya vaksin flu tidak memberikan dampak buruk pada asma yang diderita oleh anak usia tiga tahun atau orang dewasa. Pemberian vaksin flu tidak akan membuat gejala asma Anda semakin buruk dan sulit untuk diatur.

Penelitian tersebut memberi kesimpulan bahwa vaksin flu aman bagi Anda. Hanya saja, untuk anak usia kurang dari 3 tahun, konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu ya.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading