Sukses

Beauty

Mengurangi Gejala Kambuhnya Asma: Menata Ulang Lifestyle

Asma adalah penyakit yang tidak bisa benar-benar disembuhkan. Sekali seseorang terkena penyakit asma, maka seterusnya orang tersebut akan bergelut dengan penyakit tersebut. Yang dapat dilakukan adalah menghindari pemicu-pemicu asma agar penyakitnya tidak mudah kambuh.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kambuhnya asma adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, berikut ini adalah empat gaya hidup sehat yang harus mulai diterapkan oleh para penderita asma.

1.    Berolahraga secara teratur

Siapa bilang penderita asma tidak boleh berolahraga? Para penderita asma juga membutuhkan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Olahraga teratur dapat menguatkan otot jantung dan paru-paru yang dapat mengurangi gejala kambuhnya asma.

2.    Mempertahankan berat badan

Mempertahankan berat badan ideal juga perlu dilakukan oleh para penderita asma. Penderita asma yang kelebihan berat badan beresiko untuk mengalami kambuhnya penyakit asma yang lebih parah dari penderita asma yang berbobot normal.

3.    Makan banyak sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi gejala kambuhnya asma. Sayuran dan buah-buahan kaya akan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita asma.

4.    Mengontrol terjadinya heartburn

Asam reflux yang menjadi penyebab heartburn berpotensi besar untuk menyumbat saluran pernafasan. Penyumbatan ini dapat meningkatkan resiko kambuhnya asma. Oleh karena itu, mengontrol agar tidak terjadi heartburn harus dilaksanakan.

Pravianti Ayu Mirantiraras

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading