Sukses

Beauty

Ini Tanda-Tanda Awal Kanker Payudara!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh perempuan. Anda perlu mengetahui gejala-gejala kanker payudara agar dapat memberikan penanganan yang tepat sedini mungkin.

Menurut breastcancer.org, gejala kanker payudara hampir sama seperti gejala penyakit non kanker lainnya. Pertama adalah munculnya benjolan kecil yang tidak biasa di payudara anda. Benjolan ini biasanya sakit bila dipegang atau ditekan. Jika menemukannya, jangan lantas menekannya terus karena benjolan ini akan lebih cepat membesar jika ditekan.

Karena sel-sel dalam benjolan tersebut terus berkembang, maka ia akan membesar dan membuat anda sadar bahwa terjadi perubahan ukuran pada payudara anda. Bisa jadi, bentuk payudara dan putingnya juga berbeda. Bila Ladies mengamati permukaan kulit payudara anda berwarna kemerahan dan bagian tersebut perlahan mulai mengkerut, segera periksakan ke dokter.

Selain itu, puting anda akan terasa nyeri luar biasa. Jika sudah lebih parah, cairan seperti darah bisa saja keluar dari puting anda. Namun di kasus lain ditemukan cairan tersebut berwarna kuning kehijauan. Jika sudah mengalami ini, anda harus segera tanyakan ke dokter.

Bila anda tidak mengalami gejala di atas, namun payudara anda serasa membengkak tanpa ada benjolan, anda belum tentu bebas dari gejala kanker payudara. Dalam beberapa kasus, ditemukan beberapa wanita yang mengalami pembengkakan payudara begitu cepat. Lebih parahnya lagi, pembuluh darah anda akan lebih terlihat dari luar.

Jangan sampai anda terlambat mengetahui tanda-tanda awal kanker payudara ini agar penanganan terbaik segera anda dapatkan!
Oleh: Asa Pilar


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading