Sukses

Beauty

Asma Saat Berolahraga

Anda cinta berolahraga? Olahraga apa yang menjadi favorit Anda? Tapi, bagaimanakah kalau Anda juga menderita asma? Lalu, sudahkah terpikirkan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Jika masih bingung mengenai hal tersebut, berikut adalah ulasannya.

Tentu saja sangat tidak menyenangkan jika Anda harus merasakan asma yang menyerang, padahal sedang asik-asiknya bermain bola di lapangan. Nah, kalau hal ini sampai terjadi, Anda harus tahu nih cara menanganinya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menemui dokter kepercayaan Anda. Mintakan saran-saran yang tepat agar Anda tahu cara menanggulangi asma yang seringkali mengganggu Anda saat berolahraga.

Nhlbi.nih.gov juga mengamini hal ini. Menjaga agar asma masih tetap bisa dikontrol sangatlah penting. Oleh karenanya, secara rutin menemui dokter adalah hal yang utama.

Dari sumber yang sama juga menyebutkan berbagai tindakan yang mengarah pada penanggulangan asma ketika Anda sedang berolahraga. Mari kita lihat bersama-sama.

Pertama, dokter akan menyarankan kepada Anda untuk mengihirup inhaler 10 - 15 menit sebelum mulai berolahraga. Selanjutnya lakukan lagi jika ditengah-tengah permainan terjadi sesuatu. Jika tidak, Anda boleh melakukannya lagi setelah aktivitas selesai.

Kedua, atur lagi pola olahraga yang Anda lakukan. Mungkin tempat, suasana atau pun kondisi udara di sana kurang bersahabat dengan Anda. Seringkali hal seperti ini memicu asma kambuh lagi.

Nah, kondisi yang bagaimana nih yang dimaksud? Yakni kondisi saat polusi udara mengancam, suhu udara yang lembab atau terlalu basah. Hal-hal tersebut, bisa saja membuat asma Anda kambuh pada saat berolahraga.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading