Sukses

Beauty

Kurangi Asma: Perbanyak Omega-3, Kurangi Omega-6

Mengatur pola makan bagi para penderita asma memang sangat penting. Hal ini karena ada jenis-jenis makanan tertentu yang memang bermanfaat baik untuk mengurangi kambuhnya asma, namun tentu ada pula jenis makanan sehari-hari yang justru malah memperparah kambuhnya penyakit pernafasan yang satu ini.

Anda mungkin sudah cukup familier dengan Omega-3 dan Omega-6. Kedua senyawa ini merupakan asam lemak yang biasanya banyak ditemukan dalam daging dan ikan. Namun, apakah anda tahu bahwa kedua jenis asam lemak ini memiliki efek yang berlawanan terhadap penyakit asma?

Berdasarkan informasi dalam situs www.healwithfood.org, sebaiknya bagi anda yang adalah penderita asma, dan juga bagi mereka yang ingin jauh dari penyakit ini, mulai sekarang sebaiknya anda kurangi memakan makanan yang banyak mengandung Omega-6, dan perbanyaklah mengkonsumsi bahan makanan ber-Omega-3 setiap harinya.

Dijelaskan di situs ini, kandung Omega-3 dalam makanan memiliki khasiat baik yang dapat melawan pembengkakan dalam tubuh yang sering dihubungkan dengan serangan asma.

Sebaliknya, situs yang sama juga menyarankan bahwa meskipun Omega-6 merupakan asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan tubuh, terlalu banyak mengkonsumsi makanan ber-Omega-6 dapat membahayakan para penderita asma. Omega-6 berlebih justru akan meningkatkan pembengkakan dengan diproduksinya prostaglandins pembengkak atau inflammatory prostaglandins (prostaglandins tipe 2).

So, mulai sekarang perbanyak makan makanan ber-Omega-3 yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan seperti walnut dan kedelai, dan juga dalam ikan, seperti ikan salmon dan cod.

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading