Sukses

Beauty

Adakah Hubungan Asma dan Heartburn? (II)

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, dugaan bahwa heartburn menjadi penyebab memburuknya kondisi asma seseorang masih belum sepenuhnya benar. Alasan yang mungkin dapat mendukung pernyataan tersebut adalah bahwa asam reflux yang naik ke kerongkongan ketika heartburn terjadi dapat mengiritasi saluran pernafasan.

Masih seperti dikutip dari webmd.com, 75 persen penderita asma sering mengalami heartburn. Frekuensi terjadinya heartburn pada penderita asma adalah dua kali lipat lebih sering daripada bukan penderita asma.

Gejala heartburn dapat diatasi dan dicegah dengan beberapa cara di bawah ini:

1.    Makanlah sekurang-kurangnya 3 sampai 4 jam sebelum pergi tidur

2.    Hindari mengkonsumsi camilan sebelum tidur

3.    Naikkan posisi atas tempat tidur kira-kira enam inchi. Hal ini berguna agar makanan tetap berada di dalam perut dan tidak bergerak kembali ke kerongkongan. (jangan menambah jumlah bantal untuk menaikkan posisi karena dapat meningkatkan tekanan pada perut yang justru menyebabkan heartburn)

4.    Makanlah dalam porsi yang kecil namun sering

5.    Pertahankan berat badan agar tetap seimbang untuk mengurangi tekanan intra-abdominal yang disebabkan oleh berat badan yang berlebih

6.    Batasi konsumsi makanan berlemak, kopi, cokelat, teh, alkohol, cola, tomat, dan buah-buahan lain yang asam

7.     Jauhi rokok dan asap rokok

8.    Gunakan pakaian dan sabuk yang longgar

Selain menerapkan cara-cara di atas, konsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi produksi asam reflux juga diperlukan agar frekuensi terjadinya heartburn semakin berkurang.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading