Sukses

Beauty

Produk yang Anda Pakai Dapat Memicu Asma

Pernahkah terpikirkan dalam benak anda bahwa barang-barang yang anda pakai setiap hari di rumah mengandung zat berbahaya yang dapat memicu kambuhnya asma?

Sebuah penelitian baru yang diungkap di www.everydayhealth.com menunjukkan bahwa barang keperluan sehari-hari anda dapat memicu asma. Barang-barang keperluan rumah tangga yang berbahaya ini, diantaranya, shampo hingga deterjen atau sabun cuci.

Penelitian ini didanai oleh Silen Spring Institute dan dipublikasikan sebuah jurnal Environmental Health Perspectives. Melalui penelitian ini, telah terungkap bahwa barang yang dianggap sebagai barang alternative yang lebih membawa dampak baik terhadap kesehatan ternyata masih mengandung bahan membahayakan.

Zat yang dapat memicu asma yang di tes oleh peneliti meliputi phthalates, fragrances, glycol ethers, dan ethanolamines. Namun, anda tidak akan menemukan kandungan tersebut dalam label sebuah produk. Hal tersebut sangat disayangkan oleh peneliti.

Peneliti menemukan zat berbahaya pada semua 42 produk conventional yang dijadikan sampel dan 32 dari 43 produk alternative yang dijadikan sampel. Para peneliti juga mencatat bahwa konsentrasi zat berbahaya tertinggi adalah pada produk vinyl, seperti sarung bantal dan kelambu kamar mandi; dan produk yang mengandung wangi-wangian, seperti penyegar ruangan dan sunscreen.

Zat-zat yang terkandung pada produk-produk tersebut di atas sangatlah berbahaya karena dapat memicu timbulnya asma pada penderita asma. Hal tersebut diungkapkan oleh Robin E. Dodson, ScD, seorang ilmuwan di Silent Spring Institute.

Intinya, biarpun anda tidak bisa membaca kandungan produk pada label produk, melihat dampak pemakaian produk selama kurun waktu tertentu merupakan hal yang bijak supaya terhindar dari asma.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih
   


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading