Sukses

Beauty

Pil KB dan Resiko Kanker Payudara

Ada kalanya wanita memilih melakukan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan pada masa-masa tertentu. Ada beberapa alat kontrasepsi yang dapat menjadi pilihan, salah satunya adalah pil KB. Pil ini dapat mencegah kehamilan jika diminum sesuai jadwal dan secara teratur.

Di balik efektivitas dari pil tersebut dalam mencegah kehamilan, ternyata ada efek lain yang dapat ditimbulkan lho, Ladies. Webmd.com berusaha menyajikan informasi terkait dengan konsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsi dengan meningkatnya resiko kanker payudara.

Menurut penelitian yang telah lalu, memang ditemukan adanya efek dari pil KB dalam meningkatkan resiko kanker payudara, terutama pada wanita usia muda. Hanya saja efek tersebut tidak terlalu mencolok.

Namun beberapa penelitian lain yang lebih baru menunjukkan tidak adanya peningkatan resiko kanker payudara yang disebabkan oleh konsumsi pil KB. Bagaimana bisa demikian? Sepertinya hal ini dipengaruhi oleh kandungan dari pil KB tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pil KB sebagai alat kontrasepsi memang memiliki kandungan hormon yang cukup tinggi. Kandungan hormon inilah yang berpengaruh terhadap resiko kanker payudara. Sehingga muncullah kaitan penggunaan pil KB dengan tumbuhnya kanker payudara di dalam tubuh.

Setelah melalui berbagai perkembangan, pil KB terbaru mengandung lebih sedikit hormon dibanding produk lama. Dengan begitu, pengaruh hormon dari pil KB juga menurun.

Peneliti Skandinavia menemukan hasil dari resiko kanker pada wanita yang mengkonsumsi pil KB dan tidak. Pada golongan pertama memang resiko kanker payudara terlihat lebih tinggi, terlebih lagi jika konsumsi tersebut sudah berjalan cukup lama. Hanya saja jika pemakaian dihentikan, resiko kanker payudara akan kembali ke angka normal seperti saat sebelum mengkonsumsi pil KB.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading