Sukses

Beauty

Gejala Kanker Payudara Pada Pria

Seperti halnya wanita, pria juga dapat mengidap kanker payudara. Mungkin ini cukup mengagetkan bagi sebagian orang, karena banyak orang beranggapan payudara hanya dimiliki oleh wanita. Namun pada kenyataannya, jaringan payudara juga dimiliki oleh pria, bedanya, hormon testosterone pada pria membuat payudara pria tidak tumbuh seperti pada wanita.

Kanker payudara pada pria sangat jarang ditemukan, seorang pria bisa saja mengalami gejala-gejalanya namun tidak memperhatikannya dan tidak segera memeriksakannya ke dokter. Ini berarti butuh waktu agar pria dapat menyadari perubahan yang tidak biasa pada payudaranya dan memungkinkan kanker yang ada telah lebih berkembang pada saat ia memeriksakannya ke dokter.

Lebih cepat kanker payudara ditangani, lebih besar kemungkinan anda bisa melaluinya dan sembuh dari kanker payudara, maka penting halnya untuk memeriksakan gejala apapun yang anda alami pada payudara anda secepat mungkin. Seperti yang dijelaskan oleh breastcancercaer.org.uk, gejala kanker payudara yang paling umum pada pria adalah timbulnya sebuah gumpalan yang tidak sakit pada payudara.

Gumpalan ini biasanya muncul didekat daerah tengah payudara, dekat dengan puting (karena kebanyakan jaringan payudara pada pria berada dibawah puting), namun gumpalan bisa juga muncul di daerah yang jauh dari puting, di daerah di sekitar payudara.

Gejala-gejala kanker payudara pada pria yang lain adalah puting yang mengeluarkan cairan (seringkali berdarah), puting yang keras dan masuk ke dalam, dan payudara yang borok atau bengkak. Pada beberapa kasus, kelenjar getah bening dibawah lengan bisa membengkak juga.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading