Sukses

Beauty

Inggris Programkan Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Ladies, baru-baru ini the National Institute of Health and Care Excellence (NHS) mempublikasikan niatan untuk membagikan tamoxifen kepada ribuan wanita Inggris yang memiliki resiko tinggi terjangkit kanker payudara turunan. Cara ini merupakan tindakan preventif yang bertujuan untuk menurunkan angka resiko kanker payudara.

Bbc.co.uk melansir bahwa program ini direalisasikan sehubungan dengan laporan mengenai 500.000 perempuan Inggris yang lebih memilih mengkonsumsi tamoxifen setiap hari selama lima tahun daripada melakukan operasi pengangkatan payudara sebagai tindakan preventif seperti yang dilakukan aktris Angelina Jolie.

Dalam program ini, tamoxifen akan diberikan kepada para wanita yang membawa gen kanker payudara turunan. Obat tersebut akan diberikan kepada wanita yang memiliki kerabat dekat didiagnosa kanker payudara, dan juga kepada para wanita yang membawa gen BRCA1 dan BRCA2.

Terlebih, perawatan intensif selama lima tahun akan diberikan kepada perempuan yang memiliki anggota keluarga lebih dari dua terkena kanker payudara.

Dengan kata lain, tamoxifen akan diberikan kepada wanita sehat dengan resiko kanker payudara. Hal ini bertujuan untuk menekan angka perkembangan kanker payudara.

Sejauh ini, program ini disetujui oleh Inggris Raya, Wales, dan Skotlandia. Irlandia Utara dikabarkan akan segera menyusul.

Tamoxifen adalah sebuah obat yang biasanya diberikan kepada pasien untuk mencegah sel kanker tumbuh kembali, terutama setelah perawatan. Dengan mengkonsumi tamoxifen setiap hari selama 5 tahun berturut-turut, resiko pertumbuhan sel bisa turun sebanyak 40%.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading