Sukses

Beauty

Benarkah Lantai Berkarpet Dapat Memicu Kambuhnya Asma?

Kebanyakan kambuhnya penyakit asma terjadi karena penderita asma mengalami kontak langsung dengan hal-hal yang memicu alergi. Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari allergen (penyebab alergi) yang dapat memicu kambuhnya penyakit asma adalah hal yang harus selalu dilakukan oleh penderita asma.

Salah satu benda yang beresiko tinggi memicu allergen di dalam rumah adalah karpet. Karpet yang dipasang di lantai berpotensi menjadi tempat berkumpulnya debu maupun bulu-bulu halus anjing dan kucing yang ladies pelihara di dalam rumah.

Apabila ladies memiliki buah hati yang menderita asma, maka membiarkan anak bermain di karpet akan berpeluang membuat penyakit asma anak kambuh. Oleh karena itu, apabila ladies memiliki buah hati atau anggota keluarga yang menderita asma, lebih baik ladies tidak memasang karpet di lantai.

Apabila ladies masih ingin memasang karpet, ladies harus rajin mencuci karpet tersebut untuk membantu mengurangi menempelnya debu-debu maupun allergen lain yang berada di dalam rumah.

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, memiliki lantai yang tidak berkarpet di dalam rumah merupakan ide yang bagus untuk menghindari allergen. Namun, meskipun lantai dibiarkan tidak berkarpet, ladies harus berhati-hati dalam memilih bahan lantai rumah ladies.

Lantai yang terbuat dari synthetic flooring berpotensi memicu kambuhnya penyakit asma karena bahan tersebut memproduksi gas yang bernama volatile organic compounds (VOCs). Pada beberapa kasus, VOCs akan berhenti dikeluarkan setelah beberapa hari lantai dipasang.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading