Sukses

Beauty

Terapi Biologis untuk Kanker Payudara

Terapi biologis? Agaknya masih terdengar asing ya.
Ya, terapi biologis adalah salah satu treatment yang bisa diberikan kepada penderita kanker payudara. Bagaimanakah sebenarnya cara kerja dari terapi biologis?

Webmd.com merinci beberapa informasi mengenai terapi biologis ini. Jadi, terapi ini fokus pada peningkatan sistem imun tubuh. Terapi ini memang agak berbeda dengan treatment yang lainnya.

Mungkin treatment lainnya seperti kemoterapi, cara kerjanya yaitu dengan membunuh sel kanker atau mencegahnya untuk merembet ke bagian tubuh yang lainnya.

Jadi, yang menjadi fokus bukanlah pada bagaimana cara membunuh sel kankernya, tapi lebih kepada peningkatan sistem imun untuk melawan sel kanker.

Nah, jadi itulah gambaran umum cara kerja terapi ini. Pertanyaan selanjutnya adalah tentang strategi yang digunakan.

Cara pertama yaitu dengan menggunakan antibodi. Antibodi adalah protein yang dapat mengikat protein tertentu di dalam tubuh, yaitu antigen.

Antibodi bisa netral, yang diciptakan sendiri oleh tubuh, atau dengan cara buatan. Nah, salah satu contoh dari antibodi buatan ini adalah herceptin.

Ladies, ternyata, ada juga bentuk yang lain dari terapi ini, yaitu dengan menggunakan obat. Obat ini terbuat dari molekul-molekul kecil yang dapat meminimalisir hormon yang memicu kanker untuk tumbuh.

Wah, kalau dipikir-pikir lagi, treatment ini jauh lebih aman ya daripada treatment lainnya yang banyak menimbulkan efek samping.

Namun, ada juga kelemahannya nih, Ladies. Treatment biologis ini pada umumnya hanya tersedia dalam bentuk cairan yang disuntikkan.

Hanya saja, obat yang terbuat dari molekul kecil tadi sekarang sudah bisa dikonsumsi dalam bentuk pil. Wah, semakin mudah dikonsumsi pastinya.

Semoga kita lebih bijak dalam memilih treatment yang paling tepat ya.

Oleh: Septia Ningrum


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading