Sukses

Beauty

Rawat Luka Setelah Mastectomy

Salah satu treatment yang bisa ditempuh sebagai upaya penyembuhan kanker payudara adalah mastectomy. Mastectomy ini bisa dilakukan pada satu bagian payudara saja, atau bisa juga keduanya. Pernahkah Ladies melihat bekas luka setelah seseorang menjalani operasi mastectomy? Nah, pasti akan ada bekas luka yang nampak seperti irisan melintang mulai dari bagian payudara sampai dengan area kelenjar limfa di bawah ketiak.

Untuk beberapa hari setelah operasi mastectomy ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita nih. Ucsfhealth.org memberikan ulasan mengenai hal ini. Pertama, yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kita membuka perban yang sudah ada. Perban yang ada akan dibuka oleh dokter, dan ini sudah diatur waktunya. Jadi, jangan terburu-buru membuka perban ya.


Kira-kira setelah 10 hari, perban ini akan dibuka dan diganti dengan yang baru. Nah, kita gak boleh sembarangan nih Ladies. Harus benar-benar mengikuti prosedur yang ada ya. Umumnya, setelah menjalani mastectomy, area di sekitar payudara akan nampak memar dan juga membengkak. Ini sangat normal terjadi.

Nah, baru setelah beberapa hari, lukanya kering, dan juga dokter sudah mengijinkan untuk mandi, barulah kita bisa mandi. Namun, harus tetap pelan-pelan ya, jangan sampai terkena bekas luka yang mungkin masih sakit. Kemudian bilas dengan handuk yang lembut.

Semoga bermanfaat. Yuk semangat untuk sembuh.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading