Sukses

Beauty

Makan Banyak Untuk Meningkatkan Produksi ASI?

Ibu khawatir ketika suplai ASI yang dihasilakan tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi. Banyak diantaranya yang banyak makan dengan harapan agar produksi ASI juga maksimal. Tapi, hal ini salah. Banyak makan belum tentu menambah suplai ASI, kecuali Anda makan makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh.

Ibu yang menyusui membutuhkan setidaknya 1800 kalori yang didapatkan dari berbagai seumber makanan. Menurut Judith Lauwers dan Anna Swisher di buku "Counseling a Nursing Mother", gizi yang tidak seimbang malah akan menyebabkan air susu yang tidak mudah mengalir, produksi ASI yang rendah, hingga kurangnya energi ibu.

Untuk itu, ibu perlu untuk merencanakan makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang bergizi seimbang untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti makan makanan yang berwarna. Dengan telah merencanakan makanan, Anda akan lebih terorganisir dalam berbelanja dan tentunya lebih hemat juga.

Selain itu apa lagi yang harus dilakukan? Menurut situs livestrong.com, ibu harus sering menyusui untuk menstimulasi produksi ASI yang optimal. ASI dibuat berdasarkan ‘permintaan’ yaitu berdasarkan hisapan bayi pada puting. Ketahui posisi menyusui yang tepat sehingga produksi ASI juga akan semakin baik.

Area pelekatan bayi harus berada di area yang tepat. Mulut bayi harus memasukkan baik bagian puting maupun sebagian areola. Bibir bayi menempel pada payudara dengan lembut tapi cukup kuat untuk menghisap air susu. Coba variasi posisi menyusui hingga air susu akan mudah mengalir.

Tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi pada konsultam laktasi seputar nutrisi yang baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. Beberapa makanan berperan banyak dalam membantu produksi ASI

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading