Sukses

Beauty

Apa itu Herpes?

Ladies, pernah mendengar tentang herpes? Yup, herpes adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air dan berkelompok. Herpes dapat menyerang berbagai daerah di tubuh, seperti mulut, tangan, kaki, bahkan alat kelamin.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini termasuk berbahaya dan menular lho, ladies. So, ada baiknya anda mengenal herpes lebih jauh dengan membaca ulasan berikut.

Ladies, secara garis besar, herpes dapat dibagi menjadi dua, yaitu herpes simplex dan herpes zoster. Herpes Simplex Virus (HSV) terdiri dari dua tipe, tipe 1 dan tipe 2. Seperti dilansir oleh doktersehat.com, HSV-1 menyerang bagian mulut serta pinggang ke atas, sedangkan HSV-2 lebih sering menyerang bagian pinggang ke bawah, seperti alat kelamin, anus, dan selangkangan.

Jenis herpes yang kedua adalah herpes zoster. Menurut warungkopi.okezone.com, herpes jenis ini disebabkan oleh virus varicella zoster. Herpes zoster menyerang bagian tubuh seperti dahi, punggung, dan dada. Herpes zoster dapat menular melalui kontak kulit pada bagian yang terinfeksi.

Gejala umum penyakit herpes adalah sesak nafas, demam, menggigil, nyeri sendi, dan pegal di satu bagian tubuh. Kemudian, muncul bintik kemerahan yang akhirnya membentuk gelembung cair yang akan terasa nyeri. Gejala lain yang mungkin diderita apabila anda terserang herpes adalah sakit pada perut.

Nah, sudah tau kan, ladies, apa itu herpes? Jadi, lebih hati-hati ya, jangan sampai anda tertular atau menularkan herpes, karena penyakit ini dapat menular hanya dengan memegang barang yang tersentuh penderita, atau bersentuhan kulit dengan bagian yang terinfeksi.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading