Sukses

Beauty

Mengenal Eating Disorder

Ladies, pernahkah Anda merasa ketakutan dengan berat badan Anda? Atau mungkin Anda pernah memuntahkan kembali makanan Anda karena takut kegemukan? Bisa jadi Anda sedang mengalami eating disorder.

Dilansir dari mayoclinic.com, eating disorder adalah kondisi ketika Anda terlalu mengkhawatirkan makanan Anda karena Anda mencoba menjaga berat badan. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit parah bahkan mengancam nyawa Anda.

Ada beberapa jenis gangguan makan seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan binge-eating disorder. Sebagian besar gangguan ini dialami oleh wanita meskipun pria juga mungkin mengalaminya.

Ketika Ladies mengalami anoreksia, Anda akan terobsesi pada makanan dan sangat ingin menjadi kurus. Gangguan ini kadang bisa menyebabkan kematian karena kelaparan.

Beberapa cirinya, antara lain adalah Anda mulai menolak untuk makan, olahraga berlebihan, takut makan di tempat umum, mengucilkan diri karena tidak puas dengan keadaan diri sendiri, mengalami kesulitan tidur, tekanan darah rendah dan banyak lagi.

Sedangkan ketika Anda mengalami bulimia, Anda akan cenderung makan lebih banyak kemudian memuntahkan makanan itu atau membakar kalorinya dengan olahraga berlebihan.

Ciri penderita bulimia adalah makan hingga sangat kenyang biasanya dengan makanan yang sangat berlemak dan manis, merangsang diri sendiri untuk muntah, menggunakan obat pencahar, tidak puas dengan keadaan diri sendiri, dehidrasi dan banyak lagi.

Bagi Ladies yang sedang mengalami eating disorder, Anda perlu melibatkan psikoterapi, obat atau bahkan rawat inap di rumah sakit untuk membantu penyembuhan. Bantuan dari ahli gizi dan keluarga juga sangat diperlukan untuk mempercepat penyembuhan mengingat gangguan ini sangat sulit diperangi.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading