Sukses

Beauty

Psikologi Eating Disorder

Ladies, banyak wanita di dunia mengalami gangguan makanan atau yang lebih populer disebut eating disorder. Ada yang memuntahkan makanan karena takut gemuk, atau bahkan menolak makan sama sekali hanya karena ingin kurus!

Ternyata penyebabnya tidak sesederhana itu. Menurut situs psychologytoday.com, 2/3 wanita yang mengalami eating disorder diawali dari gangguan kecemasan yang membuatnya sangat terobsesi pada berat badannya.

Kadang, seseorang merasa tidak puas dengan kondisi dirinya sendiri. Bagaimana cara kita menilai diri kita sendiri juga kadang kala sangat berbeda dengan apa yang umumnya dilihat orang lain.

Ladies, ketakutan untuk makan sangat erat hubungannya dengan gangguan mental yang membuat banyak orang mengalami kebiasaan yang tidak sehat seperti eating disorder.

Faktanya, gangguan mental yang paling sering menyebabkan kematian pun ternyata bukan depresi, bukan pula schizophrenia, namun eating disorder. 20% dari kondisi gangguan makan ini mendatangkan banyak penyakit yang bisa memicu kematian.

Seorang psikiater asal University of Pittsburgh, Walter H. Kaye, mengemukakan bahwa sebagian besar orang yang mengalami kecemasan klinis, seperti fobia untuk bersosialisasi merupakan awal eating disorder. Tingkat gangguan mental ini yang ditemukan pada penderita gangguan kecemasan juga ditemukan pada penderita eating disorder.

Namun berita baiknya, dengan diketahuinya cikal bakal eating disorder ini, pengobatan dan perawatan penderita eating disorder telah disinkronkan dan dimodifikasi dari pengobatan dan perawatan penderita gangguan kecemasan demi menyembuhkan para penderita eating disorder.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading