Sukses

Beauty

Merawat Kista di Rumah

Tahukah anda bahwa perawatan penyakit kista dapat dilakukan di rumah? Biasanya benjolan pada penyakit kista, ditimbulkan oleh infeksi dari bawah kulit. Situs firstaid.webmd.com menyebutkan bahwa kista dapat dirawat dengan peralatan sederhana yang tidak membutuhkan banyak biaya dan dilakukan di rumah anda sendiri.

Yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah jangan memencet, menggaruk, mengempiskan, atau membuka benjolan kista pada kulit anda. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi dan mendorong infeksi yang terjadi lebih dalam lagi ke dalam kulit yang mana sangat berbahaya untuk anda, bahkan bisa menyebabkan pendarahan parah.

Perawatan yang disarankan berikutnya adalah dengan membasahi serbet atau kain bersih dengan air hangat, lalu totolkan pada benjolan pada kulit anda secara lembut dan perlahan, kemudian taruh saja kain basah tersebut di atas benjolan kista anda selama 20 hingga 30 menit. Lakukan ini 3 hingga 4 kali dalam satu hari. Rasa hangat dan kelembaban kain basah tersebut dapat meredakan benjolan dan meningkatkan sirkulasi darah pada area tersebut, yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Hati-hati, jangan gunakan air yang terlalu panas karena malah bisa membakar kulit anda.

Jika benjolan mulai mengempis dan cairan di dalamnya telah mulai menipis, pakaikan perban sehingga cairan dalam benjolan tidak menyebar kemana-mana. Ganti perban ini secara reguler setiap hari. Jika cara ini tidak berhasil, segera temui dokter atau rumah sakit terdekat.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading