Sukses

Beauty

Jenis Tanaman Herbal dan Manfaatnya

Ladies, obat-obatan herbal mulai diminati saat ini, karena manfaatnya yang banyak dan tidak memberikan efek samping sebanyak obat-obatan modern.

Di Indonesia, banyak sekali tanaman-tanaman herbal yang berguna sebagai obat. Mau tau apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb). Seperti dijelaskan duniatehnikku.wordpress.com, tanaman obat asli Indonesia ini sudah digunakan secara turun temurun sebagai obat sakit kuning, mag, perut kembung, serta menurunkan lemak darah, sebagai antioksidn, dan meningkatkan kerja sistem imunitas tubuh.

Jahe. Tanaman obat ini sudah dikenal manfaatnya sejak dulu sebagai obat masuk angin, mabuk kendaraan, dan pusing. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan, menghambat oksidasi kolesterol, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih. Ladies tentunya familiar dengan tanaman herbal yang satu ini. Menurut alternative-1st.blogspot.com, selain dapat berguna sebagai obat flu dan batuk, dan pembunuh bakteri dan virus penyebab penyakit, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat menurunkan resiko terserang tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sambiloto. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan Andrigrapholide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik, dalam sambiloto memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif) dan terbukti dapat melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol, serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Cengkeh. Rempah yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, seperti menghilangkan rasa sakit pada gigi, mengobati sakit kepala, masuk angina, mual, muntah-muntah, perut kembung, gangguan pencernaan, kolera, asma, memperlancar sirkulasi darah dan mengatur suhu tubuh.

Well, ladies, tanaman-tanaman diatas hanyalah sebagian, masih banyak tanaman herbal lain yang bermanfaat untuk kesehatan seperti belimbing wuluh, kunyit, beluntas, ginkgo biloba, kencur, dan masih banyak yang lainnya.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading