Sukses

Beauty

Kenali Gejala Dini Penyakit Lupus

Ladies, mungkin sebagian dari Anda agak asing dengan penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang mengenai kulit, ginjal, sendi, paru-paru, susunan saraf dan alat tubuh lainnya. Dijelaskan pada situs hopkinslupus.org, bahwa penyakit lupus banyak diderita oleh wanita terutama pada masa subur, dan dipertegas pula kalau wanita 10 kali lebih sering terkena penyakit ini daripada pria.

Gejala awal penyakit lupus sangat beragam, bahkan seorang Dokter terkadang sulit untuk mendiagnosa penyakit ini. Gejala awal yang biasanya muncul pada penderita adalah kelainan kulit berupa kemerahan disekitar pipi dan hidung. Adanya bercak-bercak merah pada bagian wajah dan lengan, disertai rasa panas dan rasa lelah yang berkepanjangan, rambut rontok, timbul sariawan dan persedian kerap bengkak. Terkadang pula, gejalanya disertai dengan flu yang berulang. Penyakit ini dapat mengenai berbagai alat tubuh.

Perlu Anda ketahui, banyak hal yang menjadi faktor penyebab penyakit ini, bisa dari lingkungan, infeksi, paparan sinar matahari, stres bahkan obat-obatan tertentu. Sebagian besar dari penyandang penyakit ini, masih dapat hidup normal dan beraktivitas, asalkan dengan mengatur pola hidup sehat dalam kesehariannya. Namun, juga perlu mengonsumsi obat-obatan dibawah peraturan Dokter. Obat-obatan tersebut tidak bersifat menyembuhkan, tetapi cuma memberi efek kekebalan pada sistem imun Anda. Dan hingga saat sekarang, para peneliti dalam bidang dermatologi masih meneliti penyebab penyakit lupus ini.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading