Sukses

Beauty

Apa Saja Risiko Penyakit Karena Obesitas?

Obesitas adalah sebuah kondisi yang ditimbulkan karena pola makan berlebihan. Kebanyakan orang tidak sadar sampai obesitas terjadi. Berdiet adalah pilihan yang sering banyak orang lakukan untuk mengatasi obesitas. Karena bila tidak, dilansir dari nhlbi.nih.gov, penyakit-penyakit berikut dapat muncul:

• Jantung koroner
Jantung koroner disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh arteri yang bertugas memompa darah penuh oksigen ke seluruh tubuh. Sumbatan ini disebabkan oleh kolesterol dan lemak yang berlebih.
• Tekanan darah tinggi
Daya dorong darah terhadap dinding arteri saat jantung memompa darah adalah yang disebut tekanan darah. Ini membahayakan apabila terlalu tinggi.
• Stroke
Selain jantung koroner, tersumbatnya pembuluh arteri dapat membuat pembuluh pecah dan akhirnya darah menggumpal. Pecah yang terjadi di dekat otak akan menghalangi aliran darah dan oksigen sehingga stroke pun terjadi.
• Diabetes tipe 2
Pada orang yang gemuk, kadar gula darahnya biasanya tinggi. Ini menyebabkan hormon insulin yang berfungsi memroses darah tidak dapat diproduksi sel tubuh dengan cukup. diabetes dapat juga memicu ke penyakit lain seperti kebutaan dan gagal ginjal.
• Osteoarthritis
Badan yang berat membuat sendi dan tulang bekerja lebih berat. Ini akan membuat lapisan pelindung sendi akan terkelupas dan menimbulkan rasa sakit.
• Batu empedu
Batu empedu akan membuat empedu tidak berfungsi dengan baik. Batu empedu ini berasal dari kolesterol yang mengendap.

Anda boleh-boleh saja makan banyak, akan tetapi berusahalah untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur dan bergerak aktif agar metabolisme tubuh lancar.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading