Sukses

Beauty

Anoreksia tak Bisa Disembuhkan, Jadi Harus Bagaimana?

Telah banyak penelitian yang mengklaim bahwa eating disorders, termasuk anoreksia, tidak dapat disembuhkan secara total. Penyakit psikologis ini akan terus hidup dalam diri seseorang karena tidak ada resep obat yang mampu bekerja melawan obsesi kurus. Lalu, bagaimana penderitanya harus menjalani hidup? Bagaimana seseorang dengan anoreksia bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik?

Kunci dari penanganan penderita anoreksia adalah pemberian motivasi yang kuat. Seperti yang diceritakan oleh Zoe Smith, seorang koreografer asal London, pada telegraph.co.uk tahun 2010 lalu. Perjuangannya memerangi anoreksia yang telah dideritanya sejak umur 14 tahun hingga kini ia berusia 25 tahun, mengantarkannya ke sebuah pusat rehabilitasi di Cape Town, Afrika Selatan.

Pusat rehabilitasi yang bernama Montrose Place ini menerapkan cara non-konvensional untuk menangani para penderita eating disorder. Alih-alih memberikan hukuman kepada pasien jika mereka tidak makan, seperti yang biasa diterapkan pada pusat rehabilitasi eating disorders, para praktisi kesehatan di panti tersebut menerapkan peraturan kemerdekaan pada pasiennya. Pasien diberi kebebasan untuk menyuarakan keinginan mereka dan tidak dipaksa harus makan setiap harinya.

Cara ini terbukti ampuh menjadikan hidup para penderita eating disorders lebih baik. Mereka diajarkan agak tidak menyesali apa yang telah mereka lalui hingga mengalami perilaku makan yang menyimpang, tetapi mereka diberi semangat bahwa hari-hari ke depan masih jauh lebih baik. Inilah yang sebetulnya sangat diperlukan oleh para pasien.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading