Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Binge Eating

Ladies, makan adalah kebutuhan manusia setiap hari. Oleh karena itu, akan cukup sulit bagi penderita binge eating untuk lepas dari kebiasaan makan tidak sehatnya. Namun, seperti dijelaskan dalam helpguide.org, binge eating dapat disembuhkan. Dan berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya.

Kelola stress Anda dan carilah pelampiasan stress yang lebih sehat, misalnya olahraga, meditasi, relaksasi, dan melakukan gerakan pernafasan sederhana.

Makanlah dengan teratur 3 kali sehari dan ‘ngemil’ sehat. Jangan pernah melewatkan sarapan, karena akan menyebabkan Anda untuk makan lebih banyak di siang hari. Makanlah menu sehat saat sarapan, makan siang, dan makan malam, disertai dengan camilan sehat seperti buah apabila Anda ingin ngemil.

Sebagai tindak pencegahan, jangan menyimpan makanan tidak sehat apapun di lemari atau kulkas Anda, seperti makanan siap saji dan snack lain yang tidak sehat.

Bagi penderita binge eating, lebih baik untuk tidak melakukan diet, karena dengan menahan keinginan untuk makan justru akan membuat nafsu makan meningkat. Karenanya, cukup makanlah seperti biasa 3 kali sehari dengan menu kaya gizi.

Tips selanjutnya adalah berolahraga. Selain untuk mengurangi berat badan, berolahraga dapat mengurangi stess dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga adalah cara yang sehat untuk memperbaiki mood dan dengan begitu resiko emotional eating dapat dikurangi.

Lakukan aktivitas untuk mengurangi kebosanan. Saat bosan, kita akan cenderung untuk ngemil. Gantilah kebiasaan tersebut dengan jalan-jalan, berkumpul bersama teman, atau melakukan hobi Anda.

Ladies, selain tips-tips diatas, ada beberapa tips lain yang dapat dilakukan, seperti tidur cukup, belajar untuk membedakan mana lapar fisik dan mana lapar emosi, serta mencari bantuan baik dari orang-orang terdekat maupun praktisi seperti dokter, psikiater, atau terapis.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading