Sukses

Beauty

Kenali Beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Lupus

Hai Ladies, penyakit lupus dapat dikatakan sebagai penyakit kambuhan karena penyakit ini menyerang kekebalan tubuh seseorang. Lupus akan dapat menjadi pasif dan beberapa waktu kemudian berubah menjadi aktif maupun sebaliknya.

Lupus yang aktif akan melemahkan daya tahan tubuh si pasien dengan gejala antara lain munculnya flare atau ruam kemerah-merahan dan kasar pada salah satu bagian tubuh. Misalnya pada wajah antara hidung dan pipi. Bila ruam-ruam ini muncul, sangat disarankan bagi penderita untuk segera beristirahat dan menemui dokter yag menagani.

Lalu, apakah penyebab kemunculan ruam-ruam ini? Pada dasarnya banyak sekali penyebabnya, tetapi salah satu yang dapat dikategorikan sebagai penyebab adalah makanan. Ya, ternyata beberapa makanan malah akan memicu lupus menjadi aktif lho, Ladies.

Dikutip dari everydayhealth.com, beberapa makanan dibawah ini sebaiknya dihindari oleh penderita lupus. Pertama, makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein memang sangta baik untuk tubuh ya, Ladies. Tetapi, terlalu banyak konsumsi protein ternyata tidak baik bagi penderita lupus terutama yang memiliki keterkaitan dengan penyakit lupus pada ginjal.

Mengkonsumsi protein masih tetap diperbolehkan. Tetapi, untuk takaran yang bisa dikonsumsi dalam sehari sebaiknya berkonsultasi dengan dokter professional yang menangani Anda ya, Ladies.

Selain itu, ternyata produk-produk kacang kedelai juga lebih baik dihindari oleh penderita lupus lho, Ladies. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan phytoestrogen, salah satu jenis hormone esterogen. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa hormon estrogen merupakan salah satu penyebab lupus.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading