Sukses

Beauty

Ear Candle Tidak Efektif Membersihkan Telinga

Hi, Ladies. Anda termasuk orang yang gemar melakukan perawatan ear candle di salon? Nah, yakinkah Anda kalau perawatan ini benar-benar membersihkan telinga? Pikir lagi yuk.

Ladies, badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat dan Kanada telah memberlakukan larangan penjualan dan pemakaian ear candle karena berbahaya lo. Keputusan ini diambil berdasarkan banyaknya laporan kecelakaan yang terjadi akibat lelehan lilin dan panas yang ditimbulkan oleh ear candle.

Bahkan, di tahun 2005 yang lalu, ear candle juga dilaporkan menyebabkan kematian seorang wanita di Amerika Serikat, Ladies. Mengerikan ya? Selain itu, beberapa ahli kesehatan yang meragukan ear candle juga menunjukkan bahwa sebenarnya ear candle tidak benar-benar efektif membersihkan telinga. Ingin tahu kebenarannya, kan?

Menurut situs kesehatan quackwatch.com, kotoran telinga sebenarnya sangat lengket, jadi kalau ear candle bisa menariknya keluar berarti tekanan yang diberikan harus sangat besar. Nah, ditakutkan tekanan besar ini juga dapat merusak gendang telinga.

Nah, sebuah penelitian kemudian secara khusus mengukur tekanan selama proses pembakaran ear candle. Hasilnya, ear candle sebenarnya tidak menimbulkan tekanan apa pun. Pertanyaannya, bagaimana ear candle bisa mengangkut kotoran telinga jika tidak memiliki tekanan?

Penelitian lain yang menemukan fakta bahwa ear candle tidak mengeluarkan kotoran apapun dari dalam telinga. Bahkan, residu ear candle malah menumpuk di dalam telinga! Kotoran yang biasanya tampak saat proses ear candle selesai dilakukan ternyata tidak lebih dari abu ear candle dan lelehan lapisan lilin di dalamnya.

So, Ladies, tren kecantikan memang tidak boleh diikuti begitu saja. Sebaiknya, gali informasi yang cukup sebelum Anda melakukan perawatan telinga berikutnya ya.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading