Sukses

Beauty

Cotton Bud Penyebab Infeksi Telinga

Ladies, membersihkan telinga menggunakan cotton bud (kapas pembersih) biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal tahukah Anda bahwa telinga memiliki saluran luar dengan bentuk sedemikian rupa yang bisa secara otomatis membuang kotoran telinga lho.

Sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkan telinga Anda. sebab, cairan yang yang ada di dalam telinga atau biasa disebut dengan serumen ini bertugas menangkap kotoran dan membersihkannya secara alami. Kotoran yang ditangkap oleh serumen akan menggumpak dan gumpalan inilah yang kita buru dengan korek kuping hingga ke rongga telinga bagian dalam.

Dijelaskan pada situs healthyhearing.com, membersihkan telinga dengan cotton bud jika terlalu dalam bisa merusak gendang telinga Anda. Dampak kerusakan itu bervariasi, mulai dari yang ringan berupa telinga berdenging hingga yang paling berat yakni kelumpuhan syaraf di sekitar wajah. Jika kapas tertinggal di dalam akan mempengaruhi pendengaran, kapas akan menyumbat gendang telinga yang menyebabkan pendengaran menjadi kurang baik. Selain itu, telinga juga akan terinfeksi atau disebut sebagai otitis. Infeksi ini dapat menyerang seluruh saluran (otitis eksterna generalis) atau hanya menyerang daerah tertentu sebagai bisul (furunkel). Otitis eksterna seringkali disebut swimming ear (Jawa: kopoken).

Jika tidak bisa menghilangkan kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai cotton bud menggores atau manusuk gendang telinga karena dampaknya sangat membahayakan telinga Anda lho. Jadi, berhati-hatilah saat Anda menggunakan cooton bud saat membersihkan telinga ya ladies..

Oleh: Ismaya Indri Astuti 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading