Sukses

Beauty

Tips Merawat Tindikan Anda

Menindik, meskipun menakutkan bagian sebagian orang, tetap dilakukan oleh banyak orang bahkan pria. Namun banyak masalah seperti infeksi, alergi, atau bahkan trauma bisa diakibatkan oleh tindik. Bagaimana merawatnya agar tetap aman bagi Anda?

Menurut mayoclinic.com, Anda perlu melakukan beberapa hal ini!
a. Bersihkan tindikan sekitar mulut dengan mouthwash. Jika Anda memiliki tindikan di pipi, lidah, bibir, maka gunakan meouthwash yang antibacterial dan bebas alkohol untuk mensterilkan mulut Anda 30-60 detik setelah makan dan sebelum tidur.

Sikat pula gigi Anda dengan sikat gigi baru dan pasta gigi yang lembut.

b. Bersihkan tindikan pada kulit dengan sabun antibacterial. Bersihkan bagian yang ditindik dengan sabun antibacterial ini satu atau 2 kali sehari. Namun sebelum menyentuh bagian ini bersihkan dulu tangan Anda.

Hilangkan bagian yang mengeras pada kulit di sekitar tindikan dengan kapas. Hindari penggunaan alkohol atau peroksida yang membuat kulit Anda menjadi kering. Apalagi penggunaan salep yang membuat oksigen tidak dapat menjangkau tindikan Anda.

c. Jangan berenang. Untuk sementara waktu, jauhi kolam renang, air hangat, sungai, danau, atau cekungan air apa pun selama tindikan Anda dalam masa penyembuhan.

d. Jangan bermain-main dengan perhiasan Anda. Jangan menyentuh perhiasan yang baru saja terpasang dalam tindikan Anda kecuali saat Anda membersihkannya. Sentuhan bisa membuat tindikan Anda lebih beresiko terkena iritasi.

e. Jangan melepas perhiasannya. Umumnya luka bekas tindikan akan sembuh setelah 6 minggu, namun tidak menutup kemungkinan akan lebih lama dari itu. Jika Anda masih ingin mempertahankan tindikan Anda, jangan lepaskan perhiasannya agar saat luka Anda sembuh nanti, lubang tindikan tetap ada.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading