Sukses

Beauty

Cotton Bud Tidak Baik Untuk Telinga

Ladies, membersihkan telinga menggunakan cotton bud (kapas bertangkai) ternyata bukanlah kebiasaan yang baik bagi kesehatan telinga Anda. Menggunakan cotton bud justru akan membuat kotoran telinga terdorong ke dalam, sehingga kotoran masuk ke dalam cekungan dekat gendang telinga. Jika sudah mengendap terlalu lama, maka kotoran akan mengeras bahkan dampak buruknya akan membatu di liang telinga Anda.

Sebenarnya membersihkan telingan tanpa menggunakan cotton bud, gumpalan kotoran ini bisa keluar dengan sendirinya. Penggunaan korek kuping atau lidi kapas ini justru bisa mendorong gumpalan kotoran masuk ke celah sempit di bagian dalam telinga yang seharusnya tidak tersentuh kotoran. Kondisi ini berbahaya karena bisa mengakibatkan telinga Anda tersumbat dan mengganggu pendengaran. Bahkan, bisa memicu peradangan pada telinga hingga timbul rasa nyeri lho.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilansir pada situs healthyhearing.com, ada lebih dari 50 persen pasien yang datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) dikarenakan sering memakai cotton bud untuk membersihkan kotoran di telinga. Meski ujungnya dari kapas, ternyata alat ini tetap berisiko merusak gendang telinga. Gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai kapas bertangkai adalah tinnitus atau telinga berdenging.

Nah, sebenarnya membersihkan telinga dengan cotton bud tidak dilarang. Asalkan Anda menggunakannya hanya untuk membersihkan sekitar daun telinga saja dan bukan untuk membersihkan bagian dalam dari telinga. Jika tidak merasa nyaman dengan telinga di bagian dalam dan ingin membersihkannya, sebaiknya Anda datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading