Sukses

Beauty

Awas, Bahaya Kanker Payudara Mengintai Dari Kosmetik Anda

Ladies, anda pasti tahu bahwa beberapa zat kimia yang ditambahkan pada kosmetik dapat menyebabkan kanker. Tapi, pernahkan anda mengecek label bahan pada kosmetik sebelum membeli? Nah, jika belum, waspadai bahan paraben dan alumunium klorida pada kosmetik yang sedang anda pakai atau yang akan anda beli. Karena menurut penelitian yang dilansir kembali dari mercola.com, kedua bahan tersebut berpotensi menimbulkan kanker payudara.

Paraben merupakan sejenis pengawet yang ditambahkan pada berbagai jenis kosmetik, mulai deodorant, body lotion, pelembab, hingga lipstick. Paraben diketahui merupakan zat karsinogenik yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker pada tubuh. Dari hasil penelitian diketahui bahwa wanita yang mengidap kanker payudara memiliki kadar paraben tinggi pada payudaranya. Ini berarti, penggunaan kosmetik yang mengandung paraben dapat terakumulasi dalam jaringan payudara dan menyebabkan kanker.

Sedangkan aluminium klorida adalah zat aktif yang biasanya dikandung roll on antiperspirant. Fungsinya adalah menghalangi pengeluaran keringat berlebih di ketiak. Hal ini ditakutkan dapat menghambat sekresi zat berbahaya dalam tubuh melalui keringat. Selain itu, kekhawatiran terbesar para ahli kesehatan adalah kemana bahan berbahaya ini diserap tubuh.

Alumunium klorida menyerupai estrogen yang dapat diserap jaringan lemak tubuh dan terakumulasi dalam payudara. Para ahli menyatakan bahwa kadar alumunium tinggi pada tubuh merupakan penanda alami resiko kanker payudara pada tubuh seseorang. Lebih menakutkan lagi, kadar alumunium yang tinggi dalam tubuh ternyata memiliki efek yang jauh lebih berbahaya daripada pengaruh merkuri.

Nah ladies, mulai mengecek produk perawatan harian anda ya. Jika anda tidak yakin dengan produk yang anda pakai, konsultasikan dengan dokter pribadi anda untuk mendapatkan pilihan produk yang lebih aman.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading