Sukses

Beauty

Efek Samping Mengkonsumsi Kunyit Putih

Dear Ladies, banyak sekali tanaman yang tidak hanya bermanfaat sebgai bahan bumbu masakan tetap juga bermanfaat sebagai tanaman obat. Salah satu tanaman yang dimaksud adalah kunyit. Kunyit telah ada dan berkembang subur di daratan India dan dikenal sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai macam infeksi dan penyakit.

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buzzle.com menyebutkan bahwa penggunaan kunyit yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak menyehatkan. Efek samping yang dimaksudkan antara lain adalah:

- Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit baik dalam bentuk kapsul atau ekstrak cairnya dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. Jika hal itu sampai terjadi, efek nyata rusaknya sel darah merah adalah anemia.

- Telah banyak diketahui bahwa mengkosumsi kunyit membuat seseorang mengalami penurunan gula darah. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan gula dalam darah turun drastis, maka akan terjadi satu kondisi yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

- Jika Ladies memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya Ladies lebih waspada ketika mengaplikasikan bahan perawatan kulit dengan bahan dasar kunyit. Mengoleskan atau mengaplikasikan kunyit di kulit secara terus menerus dapat mengakibatkan seseorang mengalami iritasi.

- Efek samping lain dari mengkonsumsi kunyit adalah menurunnya keefektifitasan obat medis yang sedang dikonsumsi bersamaan dengan mengkonsumsi pil atau ekstrak kunyit.

- Ibu hamil dan ibu menyusui hendaknya menghindari konsumsi kunyit secara berlebihan. Hal itu karena kunyit dapat menyebabkan gangguan bagi anak dan janin seperti gangguan usus besar hingga keguguran.

Nah, meskipun dikenal dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh, Ladies harus tetap memperhatikan porsi yang tepat untuk mengkonsumsi ekstrak kunyit yah.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading